DPRD KOTIM 

Pekan Depan APBD-Perubahan 2019 Kotim Mulai Dibahas

Sampit,- Pekan depan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019 akam mulai dibahas oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kotim. Apabila dalam pembahasan perangkat daerah tak bisa menjelaskan, usulan kegiatan akan dicoret.

Ketua Banggar DPRD Kotim, M.Jhon Krisli SE, M.si mengatakan, pembahasan APBD Perubahan Kotim 2019 di Banggar baru akan dimulai pada pekan depan.

Menurutnya, pembahasan kali ini akan memakan waktu cukup panjang. Terpenting perangkat daerah atau pengusul kegiatan dapat menjelaskan dan meyakinkan Banggar ataupun masing-masing komisi terkait dalam pembahasan nanti.

“Kalau dalam pembahasan nanti tidak bisa meyakinkan ya bisa memperlambat waktu, bahkan bisa dicoret usulan kegiatan tersebut,” kata Jhon Krisli, Rabu (10/7/2019).

Ia menjelaskan, pada pembahasan APBD Perubahan nanti, Banggar akan meminta penjelasan terlebih dahulu soal Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan. Biasanya, kata dia, penjelasan tersebut memakan waktu sekitar satu-dua hari dari pagi sampai sore jelang malam.

Kemudian setelah itu, lanjut Jhon, kegiatan KUA-PPAS akan dirinci dan dibahas di masing-masing komisi. Lalu, setelah itu kembali ke Banggar. Menurutnya, apabila pengguna anggaran dapat menjelaskan usulan kegiatanya dan membuat yakin komisi serta Banggar, APBD Perubahan sudah bisa digunakan Oktober mendatang.

“Setelah itu baru pembahasan anggaran 2019. Biasanya saat ditanya, pengguna anggaran menoleh ke stafnya di belakang, nah stafnya nengok lagi ke belakang. Jadi kita harus kritis dalam pembahasan,” Demikian Jhon Krisli

BERITA TERKAIT

Leave a Comment