DPRD KOTIM 

Angkutan Berat Masuk Kota Penyebab Jalan Cepat Rusak

Sampit – Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Hari Rahmad Panca Setia, menegaskan angkutan berat sering masuk kota. Hal itu menyebabkan jalan perkotaan rusak, karena menampung bobot tonase tersebut.

“Tentunya kami dari DPRD tidak ingin umur jalan itu pendek, sebab konsekuensinya anggaran akan terkuras untuk perbaikan infrastruktur itu saja,” kata Hai Rahmad, Jumat, 28 Juni 2019.

Hari merasa prihatin dengan kondisi itu, minimnya kesadaran banyak pihak menjaga umur jalan di dalam Kota Sampit. Seperti angkutan berat yang lalu lalang.

Menurut Hari, amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas Angkutan Jalan harus dilaksanakan. Namun, sejauh ini masih belum ada penerapan dan penindakan yang tegas.

Hari menegaskan, jika kondisi jalan yang ada ini masih sebatas di angka muatan sumbu terberat yakni 8 ton. Jika melebihi dari angka tersebut, maka semakin cepat kerusakan jalan.

Legislator yang membidangi urusan infrastruktur itu minta agar kondisi jalan ini mesti disadari. Pengusaha angkutan jangan hanya memikirkan keuntungan pribadi semata.

“Kasihan masyarakat di daerah lain yang masih memerlukan anggaran untuk pembangunan. Jangan kita tiap tahun memikir kawasan itu-itu saja,” pungkasnya. (BN)

Sumber: https://www.borneonews.co.id/berita/129885-angkutan-berat-masuk-kota-penyebab-jalan-cepat-rusak

BERITA TERKAIT