DPRD KOTIM 

Waduh Legislator Desak PT. AWL Harus Diproses Sesuai Aturan

Sampit,- Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rimbun Mendesak kepada pihak terkait supaya memproses PT Anggro Wahana lestari (AWL) di Kecamatan Bukit Santuai Kabupaten Kotawaringin Timur karena diduga melakukan pelanggaran undang undang terkait dengan undang undang ketenaga kerjaan soal tunjuangan hari raya bagi para karyawan atau buruh yang saat ini jadi persoalan.

Diketahui ratusan karyawan diberhentikan secara sepihak oleh PT WAL pada tanggal 25 mei 2019 tanpa prosedur yang benar sehingga hak hak hak nya dihilangkan secara sengaja oleh perusahaan tersebut.

”jelas aturan nya jika perusahan dengan sengaja melakukan tindak kehajatan yang melanggar undang undang seperti yang diduga dilakuykan oleh PT AWL maka wajib untuk diproses hukum atau diberikan sangsi sesuai dengan ketentuan,”ujar Rimbun, Selasa (18/6/2018) di Sampit.

Rimbun juga mengatakan kepada sejumlah karyawan yang didug dipecat secara sepihak oleh PT AWL supaya tidak perlu takut untuk melaporkan kepada pihak berwajib dengan dasar dasar yang ada dan dalam kasus ini DPRD Kotim Khusunya komisi III akan terus memantau.

”kami dikomisi III sampai dengan saat ini tidak ada menerima laporan dari masyarakat (karyawan) yang dipecat tersebut namun kami akan terus memantau perusahan wajib patuh dan tunduk terhdap aturan jang semena mena dengan karyawanya ,kalau pun ingin menguranghi karyawan bayar saja hak hak nya lakukan PHK sesuai dengan prosedur yang benar.”tutur Rimbun.

Lebih lanjut Ketua DPC Partai PDI-P perjuangan mengatakan jika mempejari koronoligis seperti yang diberitakan disejumlah media pemberhentian ratusan karyawan itu dilakukan pada tanggal 25mei 2019 sebelum hari raya idul fitri itu artinya ada indikasi sengaja supya tidak membayar hak hak kryawan yang akan mendpaatakan tunjangan hari raya itu.

”ini kasus perlu diselidiki lebih lanjut jangan sampai masyarakat jadi korban kecurangan para pengusaha tersebut .”pungkas Rimbun.

BERITA TERKAIT