DPRD KOTIM 

Ketua Dewan Ajak Masyarakat Jadi Pemilih Cerdas Dalam Pilkada Kotim

Sampit, – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H.M Jhon Krisli, Selasa (11/6/2019) meminta masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan tahun 2020 mendatang. Karena jika masyarakat salah memilih maka selama lima tahun kedepan dapat terasa akibatnya.

Menurut Jhon sekilas kalau kita bayangkan, bahwa negara telah membiayai “ongkos demokrasi” dalam rangka memilih seorang kepala daerah dan wakilnya sangatlah mahal.

Dana yang begitu besar bilamana tidak membuahkan produk terbaik dari terpilihnya tokoh (pejabat) yang mumpuni – minimal untuk jangka waktu (5) lima tahun ke depan, sama halnya dengan menghambur-hamburkan dana tanpa banyak membawa manfaat nyata untuk meraih kemajuan, terutama di daerah.

Demikian halnya Pilkada sebagai sarana atau langkah yang dilakukan secara demokratis untuk memilih seseorang menjadi kepala daerah jangan sampai dilakukan secara emosional, atas dasar suka atau tidak suka, primordialisme sempit, atas nama partai politik semata, atau “politik uang” yang paling sering terjadi belakangan. Disinilah letak pertaruhan sekaligus sangat menentukan nasib masyarakat kotim di masa depan.

Sebab itu lanjut Ketua DPRD Kotim Dua Periode ini mengajak masyarakat mencari tahu Rekam Jejak Kandidat calon. Pastikan kepala daerah tak pernah terlibat kasus pidana korupsi dan tindak pidana berat lainnya. Jika kandidat pernah menjabat sebagai pejabat daerah, Anda perlu cari tahu kinerja dan konsistensi terhadap pembangunan daerah.

Jhon juga mengajak masyarakat untuk mencermati masalah di daerah, karena setiap daerah memiliki permasalahan khas, seperti kerusakan lingkungan hidup, tingginya angka kriminalitas, tingginya angka pernikahan anak, minimnya kesempatan kerja, dan lambannya jalan pembangunan serta lain-lain.

“Masyarakat harus tahu Kepala daerah, dalam sistem desentralisasi, bertugas untuk mempercepat pembangunan dan kesejahteraan di daerah, karenanya cermati masalah di daerah baik-baik agar mengetahui apa yang harus dan akan dilakukan oleh kepala daerah selama lima tahun ke depan,” jelas Jhon.

Ditambahkannya agar tak memilih kucing dalam karung pahami Visi-Misi dan Program Kandidat, masyarakat perlu membaca visi-misi dan program kerja para kandidat kepala daerah. pastikan kebutuhan dan permasalahan daerah terakomodasi oleh kandidat.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment