DPRD KOTIM 

Harga Sawit Anjlok, Petani Menjerit

Sampit, – Para petani di Kabupaten Kotawaringin Timur saat ini mengeluh. Pasalnya, harga jual tandan buah segar (TBS) kelapa sawit sedang anjlok dengan harga saat ini Rp850/Kg padahal sebelumnya harganya Rp1.300/Kg.

“Dengan harga yang anjlok sangat derastis itu para petani kelapa sawit mengeluh dan mereka terpaksa harus menjual dengan harga tersebut,” kata Ketua Komisi II DPRD Kotim Rudianur, kepada wartawan di Sampit, Kamis (20/9/2018).

Sambung Rudi, pihaknya mendapat informasi bahwa anjloknya harga TBS kelapa sawit sudah terjadi hampir sebulan dan sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya dan hal ini membuat para petani merasa tertekan.

“Para petani kelapa sawit saat ini sangat tertekan dan sejauh ini belum diketahui apa penyebab anjloknya harga sawit, dan mereka terpaksa menjual TBS dengan harga murah karena tidak ada jalan lain dan hal ini sudah berlangsung sekitar sebulan lebih,” Papar legislator Partai Golkar ini.

Menurut Rudi, anjloknya harga TBS kelapa sawit saat ini berkaitan dengan ketergantungan para petani kepada penerimaan pabrik milik perusahaan, hal ini membuat para petani harus tunduk pada ketetapan perusahaan penerima TBS. Padahal saat ini harga CPO dunia tidak mengalami penurunan secara signifikan.

Sebagai wakil rakyat, Ia meminta agar pemerintah daerah  bisa mencariakan solusi untuk mengatasi problem ini, mengingat banyak petani di Kabupaten Kotim terus merasakan dampak negatifnya yang dapat  berpengaruh pada perekonomian mereka.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: