DPRD KOTIM 

Tempat Wisata Bisa Menjadi Saran Mendukung Kesejahteraan Masyarakat

Sampit, – Pariwisata memiliki peran penting dalam kemajuan daerah, karena selain mengangkat citra positif, kawasan wisata juga bisa menjadi sarana untuk mendukung kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Anggota Komisi X DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Tengah Asdy Narang mengatakan, dalam memajukan sebuah sebuah daerah bisa dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam (SDA), melalui wisata.

Maka dari itu, pengembangan wisata bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, termasuk melalui pendekatan budaya lokal serta berpegang teguh pada satpa pesona wisata.

“Kalimantan memilik banyak objek wisata, namun tidak ada satu objek wisata di Kalimantan yang masuk 10 destinasi wisata nasional, walau potensi alamnya sangat melimpah,” kata Asdy di Halaman Museum Kayu Sampit.

Lanjut Asdy menambahkan untuk bisa masuk dalam 10 destinasi wisata. Salah satunya meningkatnya jumlah pengunjung mencapai jutaan dalam setiap tahun.

Maka dari itu tanpa ada kesadaran masyarakat, mustahil tingkat kunjungan wisata akan meningkat, karena sebagian besar para pengunjung wisata selalu mempertimbangkan aspek, kebersihan, keamanan, keindahan termasuk keramahan orang-orang yang terlibat dalam industri wisata.

“Kalau satpa pesona itu benar-benar dilaksanakan, maka pengunjung pasti akan memiliki kenangan yang indah dan bisa jadi akan balik lagi untuk berwisata mengajak keluarga,” paparnya.

Kalimantan Tengah memiliki keunikan dalam menarik wisatawan. Selain dari sumber daya alamnya, budaya yang dimiliki masyakat Kalimatan bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Bahkan objek wisata Tanjung Puting, di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalteng sudah dikenal dunia. Dimana tempat tersebut merupakan habitat asli satwa orangutan.

BERITA TERKAIT