DPRD KOTIM 

DPRD Kotim, Sahkan APBD-P 2018 Rp1,661 Triliun

Sampit,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur akhirnya mensahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2018 dalam rapat paripurna Jumat (14/9/2018) pagi.

Sidang ketuk palu angaran perubahan digelar DPRD selama setengah jam dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. setelah kehadiran anggota dewan mencukupi syarat persidangan atau quorum sidang kemudian dimulai.

Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kotim, H.M Jhon Krisli didampingi Wakil Ketua II Parimus, SE Sedangkan perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) dihadiri langsung Wakil Bupati Kotim, Taufiq Mukri. Pejabat di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga turut datang.

Setelah pembahasan di tingkat komisi dan dilanjutkan pembahan Banggar, kita akan mengambil keputusan. Namun terlebih dahulu kita dengar pembacaan hasil keputusan akhir pembahasan dari banggar,” ungkap Ketua DPRD Kotim Jhon Krisli setelah membuka persidangan.

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kotim menunjuk Alexius S Litter sebagai juru bicara untuk membacakan hasil pembahasannya. Dalam pemaparannya, Alex menjelaskan. Setelah dilakukan pembahasan masing-masing komisi beserta OPD mitra dan dilanjutkan dengan rapat finalisasi Banggar DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terjadi penambahan anggaran.

“Berdasarkan kesepakatan tim anggaran eksekutif dan legislatif, struktur RAPBD Perubahan 2018 mengalami pergeseran dari APBD Murni 2018, yakni berkurang,” ucapnya.

Meski mengalami penurunan dibandingkan dengan APBD murni, diharapkan tidak akan mengganggu pelaksanaan program pembangunan yang telah direncanakan.

Dari sisi pendapatan APBD 2018 sebelum perubahan sebesar Rp1,701 triliun kemudian setelah perubahan sebesar Rp1,661 triliun, atau berkurang sebesar Rp39,188 miliar atau 2,30 persen.

Sedangkan untuk asumsi belanja sebelum perubahan sebesar Rp1,773 triliun, kemudian setelah perubahan sebesar Rp1,848 triliun, bertambah sebesar Rp75,14 miliar atau 4,24 persen.

Kemudian untuk defisit asumsi sebelum perubahan yakni Rp72,666 miliar, setelah perubahan sebesar Rp186,992 miliar, bertambah sebesar Rp114,326 miliar.

“Kami berharap nantinya APBD Perubahan 2018 yang telah disepakati dan ditetapkan bisa memberikan manfaat besar terhadap kesejahteraan masyarakat Kotawaringin Timur,” Demikian Alex.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: