DPRD KOTIM 

DPRD Tawarkan Solusi Untuk Buka Lahan Tanpa Harus Dibakar

Sampit,- DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur menawarkan solusi membuka lahan tanpa harus dibakar. Cara yang dimaksud, dengan menyemprotkan herbisida di semak belukar yang menumbuhi lahan untuk pertanian.

“Lantas, bagaimana petani bisa mendapatkan herbisida itu? Petani juga memerlukan bantuan seperti hal subsidi dan lain sebagainya,” kata Wakil Ketua II DPRD Kotim, Supriadi MT, Kamis (3/5/2018).

Terkait hal itu, Supriadi mengatakan, pihaknya akan berupaya membantu masyarakat petani dalam hal ini mengenai bantuan herbisida yang dimaksud. Paling tidak, petani bisa memperoleh keringanan harga dari pembelian herbisida tersebut.

“Karena ini untuk kepentingan petani di wilayah kita. Kami rasa masih bisa diupayakan untuk bantuan subsidi dari daerah dalam rangka mengatasi kendala pembukaan lahan tanpa bakar,” ujarnya.

Pemkab, sambung dia, diharapkan bisa menganggarkan subsidi bantuan herbisida tersebut, jika nantinya memang diperbolehkan dan tidak melanggar aturan yang berlaku.

“Kalau petani sudah bisa atau terbiasa melakukan upaya pengganti tanpa bakar itu, maka kita tidak perlu lagi khawatir adanya dampak asap sebagai yang ditimbulkan akibat pembakaran lahan secara luas,” kata dia

Ditambahkannya, pembukaan lahan pertanian saat ini menjadi dilema khususnya untuk petani di daerah disisi lain ada aturan yang melarang bagi petani untuk membuka lahan dengan dibakar, sementara kebutuhan pangan adalah hal wajib.” Demikian Supriadi.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: