DPRD KOTIM 

Legislator Minta Masyarakat Awasi Pelaksanaan Proyek Pemerintah

Sampit, – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Hari Rahmad Panca Setya meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama membantu mengawasi pelaksanaan proyek pemerintah.

“Saya meminta kepada seluruh elemen masyarakat secara aktif mengawasi proyek-proyek pembangunan dari pemerintah, karena sejatinya setiap proyek pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat bukan sebaliknya,” kata Hari Panca di Sampit, Selasa (24/4/2018).

Ia mengatakan masyarakat harus lebih proaktif mengawasi berbagai proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah, baik di dalam kota maupun di daerah yang jauh dari pinggiran kota.

“Kami berharap masyarakat jangan takut melaporkannya ke DPRD apabila menemukan adanya indikasi kecurangan hingga penyelewengan yang menyalahi aturan yang ada dalam pengerjaan proyek pemerintah,” kata politikus Partai Hanura itu.

Hari Panca mengatakan dari berbagai proyek pembangunan, seperti infrastruktur jalan dan sebagainya yang dilakukan oleh pemerintah kota setempat baik yang bersumber dari APBD maupun APBN sangat penting untuk diawasi bersama.

Namun, hingga saat ini masih ada pengerjaan proyek yang sering dikeluhkan oleh warga, sebagai contoh proyek pasar daging dijalan Ahmad Yani yang menelan anggaran APBN sebesar Rp. 6 miliar rupiah dinilai salah penempatannya.

Selain itu proyek tanggul pemecah ombak di desa pantai ujung pandaran kecamatan mentaya hilir selatan yang saat ini masih jadi sorotan semua pihak, diketahui anggaran yang telah dikucurkan untuk pembangunan tanggul pemecah ombak tersebut sebesar Rp. 7 miliar rupiah tersebut gagal dan anggaran yang telah dikucurkan untuk sabuk pemecah ombak tersebut pun terbuang sia-sia.

“Oleh sebab itu, peran serta masyarakat penting melakukan pengawasan guna membantu kinerja pemerintah dalam melanjutkan pembangunan yang adil dan merata,” jelasnya.
Ia mengharapkan pekerjaan proyek pemerintah tidak terkesan asal-asalan, sedangkan warga bisa merasakan hasil dari kelanjutan pembangunan itu.

“Apabila dalam proses pengerjaan pembangunan berjalan maksimal dan sesuai dengan aturan yang ada maka hasilnya pun tentu akan dirasakan oleh warga Kotawaringin Timur secara maksimal pula,” ungkapnya.

Ia mengharapkan dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam memantau sekaligus mengawasi proyek pemerintah, maka diharapkan pula pemerintah dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan aturan,” Demikian Hari Panca.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: