DPRD KOTIM 

Jhon Krislie : Cukup 40 Miliar Bisa Memajukan Desa Di Kotim, Simak Gagasannya

SAMPIT- Sebuah gagasan baru muncul dari mulut Ketua DPRD Kotim, HM, Jhon Krislie, SE, Msi. Pria yang sudah matang dalam birokrasi ini menjelaskan, untuk membangun desa tentunya harus mengutamakan infrastruktur terlebih dahulu.

” Kalau menurut saya, suatu terobos baru untuk membangun desa itu tidak mesti harus menghamburkan uang sekian banyak dan dalam beberapa periode, bahkan cukup 40 miliar saja untuk tahapannya,” Ungkapnya Selasa (20/3/2018).

Menurut Jhon langkah utama dalam mengembangkan setiap potensi yang ada harus membangun jalan terlebih dahulu, karena akses untuk kemajuan tentunya ditunjang dari falsilitas jalan yang mampu menembus antar desa, kecamatan maupun kabupaten.

“Cukup menyediakan 40 miliar, beli dua unit alat berat setiap Kecamatan untuk membuat jalan, unit ini nantinya di kelola oleh kecamatan, dan diperuntukan untuk membangun jalan desa, nah kita hitung berapa kecamatan di Kotim ini,secara otomatis peluang perputaran ekonomi akan mengikuti terbukanya akses tersebut,” lanjutnya.

Bahkan Jhon juga memaparkan dari beberapa hasil reses jajaran DPRD Kotim beberapa waktu lalu, infrastruktur jalan selalu jadi kendala pemerintah daerah untuk memajukan desa-desa yang ada di Kotim ini.

“Nantinya tinggal tata cara kelola di kecamatan yang kita awasi, jadi disini desa hanya tinggal menganggarkan uang minyak,upah operator, dan lainnya,” Jelas Jhon.

Terlebih Jhon menilai, pusat pembangunan untuk menunjukan suksesnya seorang pemimpin daerah tentunya lahir dari desa-desa yang ada.

“Kalau dibangun dari bawah (desa) kemajuan akan tumbuh dengan sendirinya, yang diuntungkan juga pemerintah daerah, karena perputaran ekonomi akan terus meningkat tajam,” Tutupnya.

BERITA TERKAIT