DPRD KOTIM 

Dewan Dukung Pemberian Sanksi Pembuang Sampah Sembarangan

Sampit,- Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kotawaringin Timur, Kalteng Dadang H Syamsu mengaku mendukung rencana bupati daerah itu yang akan meberi sanksi terhadap masyarakat yang ketahuan membuang sampah sembarangan.

“Selama itu ada regulasi dan payung hukumnya, saya sepakat dan sangat mendukung pemberian sanksi karena hal itu untuk kebukan dan kepentingan kita bersama,” katanya di Sampit, Senin (19/3/2018).

Menurut Dadang, namun apabila belum memiliki payung hukum yang tidak jelas maka pemberlakuan sanksi tersebut akan lemah dan berpotensi menimbulkan permasalahan di lapangan.

“Sebelum pemberian sanksi itu siberlakukan hendaknya pemerintah daerah melengkapinya terlebih dahulu regulasinya sesuai ketentuan aturan yang berlaku,” katanya.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, maksud dan tujuan bupati memang bagus, dengan adanya sanksi diharapkan masyarakat tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat.

Sementara itu, Bupati Jotawaringin Timur, Supian Hadi mengatakan, masalah sampah sudah sering diingatkan. Namun masih banyak yang buang sampah sembarangan. Setelah tidak bisa meraih adipura, pemerintah yang disalahkan.

“Jadi kalau kami terapkan aturan tegas, jangan sampai ada yang sok jadi pahlawan menentang aturan tersebut,” ucapnya.

Saat ini tumpukan sampah memang sering terjadi di sejumlah lokasi. Dan itu terkadang tidak terangkut dalam beberapa hari. Sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

“Nanti kalau memang perlu, maka akan kami tangkap yang membuang sampah sembarangan. Dan akan di sanksi tegas berupa tipiring dan denda,” tegasnya.

Permasalahan sampah ini disebutkan bukan semata-mata karena keterbatasan personel dan armada. Ada sejumlah masyarakat yang memang sengaja membuang sampah tidak pada tempatnya. Sehingga hal itulah yang membuat sampah bisa menumpuk.

“Buanglah sampah pada tempatnya, jangan membuang sembarangan, karena yang nyaman bukan bupatinya tapi masyarakat juga yang merasakannya. Karena tercipta lingkungan yang sehat dan bersih,” demukian Supian Hadi.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: