PEMKAB KOTIM 

Bupati Curhat Ke Gubernur, Soal Status Kawasan Jadi Penghambat Pembangunan

Rapat Kerja: Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran saat malakukan rapat kerja dengan Bupati Kotawaringin Timur H.Supian Hadi SIkom diaula kantor Bupati, Selasa (30/1).

Sampit,- Dalam kunjungan kerja Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran ke Kabupaten Kotawaringin Timur mendengarkan keluhan banyak dari Bupati Kotim Supian Hadi. Salah satunya terkait pembagunan infrastruktur jalan menuju daerah utara Kotim yang saat ini masih terkendala karena statusnya kawasan.

“Kawasan di wilayah Utara itu hampir 75% dinyatakan masih masuk dalam status kawasan Hutan Produksi (Hp), dengqn demikian pemerintah desa tidak berani menggunakan dana desa untuk pembangunan fisik karena takut melanggar hukum,” Kata Supian Hadi, saat Rapat Kerja bersama Gubernur Kalteng di Aula Lantai Dua Pemkab Kotim, Kemarin (30/1/2018).

Supian Hadi mengakui, masalah status kawasan masih menjadi momok ketakutan sendiri bagi pemerintah daerah karena takut berbenturan dengan aturan yang ada, sehingga sampai saat ini percepatn pembangun jalan di daerah itu menjadi terhambat akibatnya, banyak desa yang masih terisolasi.

Dikatakan Supian Hadi, diwilayah utara terdapat enam kecamatan yang berulang kali anggaran dialokasikan, tetapi tidak bisa digunakan karena terkenla status kawasan dan belum ada izin dari pemerintah pusat,” Ungkap Supian Hadi.

BERITA TERKAIT