DPRD KOTIM 

100 Unit Rumah Gratis Untuk Korban Kebakaran Teluk Dalam, Jangan Hanya Jadi Angin Segar

Sampit,- Rencana Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan membangun 100 rumah gratis untuk warga di Taluk Dalam, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Menuai kritikan dari kalangan wakil rakyat di Lembaga Legislatif DPRD Kotim, Pemkab setempat diminta untuk memperjelas sumber pendanaan terkait wacana pembangunan rumah gratis tersebut.

Sangat sepakat jika wacana Bupati kita seperti itu, terlebih saat ini bantuan apapun memang sangat diperlukan masyarakat yang menjadi korban kebakatan, tetapi yang perlu diingat sumber pendanaan untuk pembangunan 100 unit rumah itu dari mana,” kata Muhammad Shaleh Anggota Komisi IV DPRD Kotim, Kamis (25/1/2018).

“Kita sangat mendukung wacana itu tapi sumber pendanaan nya harus diperjelas dulu menggunakan APBD atau bantuan pemerintah pusat melalui kementrian atau bagaimana, terlebih pembangunan rumah itu menjanjikan seluruhnya gratis,” ungkap Shaleh.

Politisi asal Dapil II ini juga mengatakan, pembangunan 100 unit perumahan gratis untuk warga Teluk Dalam bukan persoalan mudah sangat-sangat diperlukan perencanaan yang matang dan terukur, oleh karenanya pemkab harus memperjelas kembali wacana itu sehingga endingnya tidak hanya menjadi angin segar sesaat untuk masyarakat.

Sementara itu seperti yang diketahui sebelumnya Bupati Kotim Supian Hadi saat meninjau lokasi kebakaran, bersama Sekda Kotim Halikinnor, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Machmoer, Camat Mentawa Baru Ketapang, dan ketua RT setempat. Pihaknya sepakat untuk membangun ulang rumah warga sekitar.

“Kami akan minta persetujuan dulu terhadap masyarakat sekitar. Kalau sepakat, akan kami bangunkan 100 rumah di Taluk Dalam ruini,” ujar Bupati Kotim Supian Hadi, saat memantau lokasi kebakaran di Taluk Dalam, Rabu (24/1/2018) kemarin.

Pembangunan rumah itu semuanya akan gratis, dan sudah dilengkapi sertifikat tanah, air PDAM, dan juga listrik. Yang terpenting masyarakat mau tanahnya di tata ulang oleh pemerintah,” ucap Supian.

“Kalau masyarakat sudah siap, maka pihaknya akan mengajukan dana pembangunan Rp15 miliar diperuntukkan bagi masyarakat yang tinggal di Taluk Dalam, hal ini kami lakukan untuk menjadikan daerah ini sebagai program kotaku,”kata Supian.

BERITA TERKAIT