PEMKAB KOTIM 

​Curah Hujan Tinggi, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Sampit,- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperingatkan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, untuk tetap waspada terhadap banjir karena curah hujan diprediksi masih tinggi hingga bulan maret mendatang.

“Hingga akhir Maret nanti masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat untuk wilayah Kotawaringin Timur dan sekitarnya.kerawanan banjir di wilayah Kotim khususnya daerah utara untuk beberapa waktu kedepan memang cukup tinggi,”sampai Kepala BMKG Stasiun Haji Asan Sampit, Nur Setiawan Selasa (16/1).

Dirinya juga mengatakan hal tersebut perlu diwaspadai untuk bulan Februari hingga Maret. Prediksi potensi curah hujan memang cukup tinggi. Untuk curah hujan di bulan pebruari 200 hingga 300 mm, itu di kategori menengah,sedangkan bulan Maret telah diprediksi 300 sampai 400 mm karena curahnya cukup tinggi.

“Untuk daerah rawan di wilayah utara Kotim yakni ada diwilayah Cempaga Hulu, Tualan Hulu dan wilayah utara hingga sekitarnya,”terangnya.

Tingginya curah hujan saat ini rawan memicu banjir seperti yang terjadi di sejumlah kecamatan beberapa hari lalu Banjir disebabkan sebagian besar wilayah Kotawaringin Timur yang termasuk kategori dataran rendah.

Saat terjadi hujan deras cukup lama dan bertepatan air sungai sedang pasang, air bisa meluap menggenangi kawasan dataran rendah di pinggir sungai. Hal tersebut pula memicu terjadinya banjir lantaran air cukup lamban mengalir melalui drainase karena saat itu sungai juga sedang pasang.

“Hal ini perlu diwaspadai karena potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat untuk beberapa minggu kedepan yang dapat menimbulkan banjir,” kata Nur Setiawan mengingatkan.

Dirinya juga menambahkan bahwa pada bulan Mei mendatang diperkirakan ada penurunan hujan Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur menujukkan selama bulan Januari 2018 terdapat tujuh kecamatan yang sempat banjir yakni Taulan Hulu Parenggean, Kota Besi, Cempaga Hulu, Bukit Santuai, Antang Kalang dan Mentaya Hulu.

Ketujuh Kecamatan tersebut berada di kawasan Utara yang merupakan hulu Sungai Mentaya.

BERITA TERKAIT