https://cimg.antaranews.com/cache/kalteng/730x487/2018/01/20180115Kepadatan_penumpang_saat_arus_balik_Idul_Fitri.jpgPEMKAB KOTIM 

Disnakertrans Kotawaringin Timur Ingatkan Pencari Kerja Jangan Tertipu

Sampit  – Warga luar daerah yang berniat mencari pekerjaan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah diingatkan untuk berhati-hati agar tidak sampai tertipu oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Hampir setiap tahun ada saja pencari kerja dari luar daerah yang telantar dan minta bantuan untuk dipulangkan. Mereka yang mengalami nasib seperti itu umumnya adalah pencari kerja yang datang tanpa tujuan yang jelas atau tertipu oleh oknum tertentu yang menjanjikan pekerjaan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotawaringin Timur Sugian Noor, di Sampit, Minggu

Kotawaringin Timur seakan memiliki magnet tersendiri bagi pencari kerja, sehingga mereka berbondong-bondong datang ke Kotawaringin Timur. Faktanya memang masih terbuka peluang kerja khususnya di sektor perkebunan kelapa sawit.

Fenomena yang terjadi, pencari kerja dari luar daerah sering berdatangan ke Kotawaringin Timur saat arus balik Idulfitri setiap tahunnya. Mereka tertarik bekerja di Kotawaringin Timur setelah melihat kerabat atau rekan mereka yang mendapatkan hasil lumayan setelah bekerja di Kotawaringin Timur.

Sugian menyarankan pencari kerja dari luar daerah, memastikan terlebih dahulu lowongan kerja yang akan mereka dapatkan di Kotawaringin Timur. Jika belum ada kejelasan, lebih baik menunda keberangkatan ke Kotawaringin Timur, karena akan kesulitan jika terjadi di luar harapan.

Beberapa kejadian, pencari kerja dari luar daerah telantar di Kotawaringin Timur disebabkan lowongan kerja yang dijanjikan kepada mereka ternyata tidak ada. Akibatnya mereka kehabisan biaya hidup, sehingga telantar dan minta bantuan pemerintah daerah untuk dipulangkan ke kampung halaman mereka.

Guna menyelesaikan masalah ini, pemerintah daerah melalui Dinas Sosial membantu memfasilitasi kepulangan pekerja ke daerah asal. Dana untuk pemulangan tersebut dibantu oleh pemerintah daerah melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

“Makanya pastikan dulu, apakah pekerjaan yang dijanjikan itu benar-benar ada atau tidak. Nanti kalau telanjur sudah sampai di Kotawaringin Timur dan ternyata pekerjaannya tidak ada maka akan merugikan diri sendiri,” kata Sugian.

Pencari kerja disarankan mendaftar pekerjaan melalui jalur resmi, sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Bagi pekerja asal luar daerah, bisa minta difasilitas oleh Dinas Tenaga kerja pada daerah masing-masing karena cukup sering perusahaan besar swasta meminta bantuan Disnakertrans Kotawaringin Timur untuk mencarikan lowongan pekerjaan melalui kerja sama angkatan kerja antardaerah atau AKAD.

Melalui sistem AKAD, perusahaan akan bertanggung jawab penuh terhadap pencari kerja yang mereka datangkan atau pekerjakan. Pekerja juga akan lebih terlindungi dalam mendapatkan hak-haknya.

Saat ini di Kotawaringin Timur terdapat 1.500 perusahaan yang terdiri dari mikro, kecil, menengah, dan besar, dengan jumlah tenaga kerja lebih dari 97.000 orang.
Jumlah itu baru yang terpantau dari pekerja yang terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan per Oktober 2017 lalu.

Sumber : https://kalteng.antaranews.com/berita/276674/disnakertrans-kotawaringin-timur-ingatkan-pencari-kerja-jangan-tertipu

BERITA TERKAIT