PEMKAB KOTIM 

​Kadisdik Lepas siswa SMKN 1 Sampit Ikuti Diklatpimsar dan Prakerin

Sampit,-Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur Ir Bima Ekawardana, menjadi Inspektur upacara pada acara pelepasan siswa-siswi  SMKN I Sampit yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dan dasar ketarunaan (Diklatpimsar) dan peraktik kerja industri(Prakerin) pada Kamis (11/1) dihalaman sekolah.

Kegitan diklatpimsar tersebut diikuti 424 orang siswa semuanya dari kelas X dan nara sumbernya dari Kodim 1015 Sampit, Bareskrim Narkoba Polres Kotim, Tim Sar Kabuapaten Kotim dan sejumlah intansi terkait lainnya.

Dalam sambutannya kepala dinas pendidikan Ir Bima Ekawardana mengatakan kegitan tersebut juga untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi siswa dalam mencari, menolong dan meyelamatkan jiwa manusia dan harta benda yang hilang dalam mengahadapi bahaya musibah seperti pelayaran, penerbangan atau bahaya-bahaya yang terjadi disekolah. Pada prinsipnya hal-hal yang dilatih adalah pencegahan, kesiagaan, tanggap darurat dan pemulihan.

“Saya rasa kegiatan ini sangat penting diberikan pada siswa-siswi kita tetapi harus disesuaikan juga dengan kondisi siswanya dan kegiatan tersebut juga memberiakan manfaat bagi siswa maulun sekolah,”sampainya.

Bima juga mengatakan untuk prakerin adalah untuk melatih kemampuan siswa pada jurusan masing-masing sehingga menghasilkan tenaga yang propesional sesuai tuntutan lapangan kerja. Dan secara khusus tujuannya agar siswa siap mental dalam menghadapi tantangan dunia kerja dilingkungan kerja dan memberikan motivasi agar siswa serius dan semangat dalam mencapai cita-citanya.

“Manfaat prakerin ini bagi siswa dan sekolah adalah dapat membadingkan kemampuan yang diperoleh dengan kebutuhan yang dibutuhkan didunia kerja, dan meningkatkan rasa percaya diri bagi siswa dan sebagai bahan koreksi bagi sekolah untuk menyesuaikan antara program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja,”ujarnya.

Dirinya juga menambahkan bagi perusahaan yang ikut berpertisipasi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) bagi pengembangan bangsa pada umumnya, sesuai dengan INPRES no 9 tahun 2017 tentang REVITALISASI SMK.

BERITA TERKAIT