DPRD KOTIM 

DPRD Kotim, Minta Seluruh OPD Kerja Keras Maksimalkan Serapan Anggaran 2018

Sampit,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim agar memaksimalkan serapan anggaran pada APBD murni dan APBD Perubahan tahun 2018 mendatang.

“Serapan anggaran harus dioptimalkan dengan memaksimalkan program kerja di masing-masing satuan organisasi perangkat daerah,” kata Wakil Ketua DPRD Kotim, Supriadi MT, Kamis (28/12) di Sampit.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, masih rendahnya serapan anggaran tahun 2017 ini tidak boleh dibiarkan terus terjadi, karena serapan anggaran sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah, apabila serapan anggaran itu rendah maka dapat pertumbuhan ekonomi masyarakat juga akan rendah.

“Anggaran digunakan untuk pembangunan, lalu dalam setiap pekerjaan pembangunan diperlukan barang dan jasa dari masyarakat. Kalau banyak proyek pembangunan yang belum terlaksana, lalu barang dan jasa itu menjadi tidak diperlukan, jadi ini sangat berhubungan dengan ekonomi masyarakat,” sambungnya kembali.

Menurut Supriadi, untuk menggenjot penyerapan anggaran diperlukan kerja keras dan komitmen dari masing-masing OPD dalam mewujudkan program serta target yang telah disusun.

“Tentunya dalam hal ini kita berharap Pemkab dapat memacu serapan anggaran, sehingga target penyerapan anggaran dapat tercapai hingga akhir tahun 2017 ini,” katanya.

Sementara itu dari data yang ia terima hingga 21 Desember 2017 lalu serapan anggaran APBD Kotim tahun 2017, terealisasi pendapatan baru mencapai 96,87%, realisasi keuangan 81,60% dan realisasi fisik 82,53%,”artinya dari capaian itu realisasi pembangunan tahun ini tidak sebagus tahun lalu,” ungkap Supriadi.

Ditambahkannya, APBD tahun 2017 Kotawaringin Timur disahkan sebesar Rp1,75 triliun, sedangkan APBD murni tahun 2018 dipatok Rp1,77 triliun. Artinya, ada peningkatan sebesar 1,01%. Sehingga untuk melakukan penyerapan perlu kerja keras agar target itu bisa dicapai,” Demikian Supriadi.

BERITA TERKAIT