DPRD KOTIM 

DPRD dan Pemkab Sepakat Alokasikan Anggaran Rp.5 Miliar Untuk Bandara Haji Asan Sampit

Keterangan Foto – Aktivitas kesibukan hilir mudik penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit setiap tahunnya diprediksi akan terus bertambah mengingat Pemkab setempat hingga saat ini cukup fokus memprogramkan pembangunan di sektor pariwisata.

Sampit,- Dana segar sebesar Rp 5 miliar akan digelontorkan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk pembangun Bandar Udara (Bandara) Haji Asan Sampit. Diketahui, suntikan dana pembangunan bandara tersebut diberikan sebagai upaya Pemkab setempat untuk mempertahankan status kelas bandara saat ini.

Seperti yang diketahui Bandara H Asan Sampit, (Kotim) terancam turun kelas di penghujung tahun ini jika sejumlah fasilitasnya tidak sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Perhubungan.

Wakil Ketua DPRD Kotim, Supriadi MT mengatakan DPRD dan Pemkab telah sepakat menganggarkan dana terutama untuk tahap awal perpanjangan landasan pacu dan peninggian pagar hingga 2 meter. Di mana anggaran yang diperlukan sebesar Rp20 miliar.

“Untuk tahap awal pembangunan kami legislatif bersama dengan eksekutif sudah bersepakat mengalokasikan anggaran pembangunan di APBD murni Tahun 2018 sebesar Rp.5 Miliar, selanjutnya akan dianggarkan kembali secara bertahap,” kata Supriadi Kamis (30/11/2017).

Dijelaskannya upaya pengalokasian anggaran yang bersumber dari APBD tersebut jika tidak dilakukan maka kotim hanya memiliki pesawat jenis ATR saja, sementara untuk pesawat jenis boing tidak akan lagi tersedia karena kelas bandara akan diturunkan,” kata Supriadi.

Menurut Supriadi, Kotim harus diterbangi pesawat jenis Boing, apalagi daerah ini tengah menuju kota wisata. Jika kelas diturunkan tentu itu tidak sejalan dengan program pemerintah daerah untuk menjadikan daerah ini sebagai kota wisata.

“Kalau kelas bandara kita turun yang diuntungkan jelas Palangka Raya, nanti banyak yang mau bepergian lewat Palangka Raya, selain itu selama ini animo masyarakat Kotim memanfaatkan transportasi udara sangat tinggi sekali,” tegasnya.

Oleh sebab itu kami legislatif sangat mendukung mendukung upaya untuk peningkatan bandara, jangan sampai kelasnya turun,” tandas politisi partai Golkar tersebut.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: