PEMKAB KOTIM 

Pemkab Kotim Optimis Kembangkan Bandara Haji Asan Sampit

Sampit,- PLT Sekda Kabupaten Kotawaringin Timur Halikinoor Menteri mengatakan pemerintah daerah berjanji akan mengembangkan bandara Haji Asan Sampit guna meningkatkan konektivitas dan mendukung pariwisata di Kotim.

“Pengembangan landasan pacu bandara itu juga menyusul hasil evaluasi buruk dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub), yang menyatakan akan menurunkan klasifikasi bandara apabila tidak ada peningkatakan,” kata Halikin (28/17/2017).

Dijelaskannya penurunan kelas/klasifikasi bandara haji asan sampit tersebut akan berdampak buruk kepada sektor pariwisata di daerah selain itu juga akan menurunkan minat investor untuk masuk kedaerah.

“Sudah pasti daerah yang akan dirugikan karena apabila kelas bandara nya diturunkan maka tidak ada lagi penerbangan maskapai jenis boing yang di ijinkan melintasi bandara haji asan sampit,” ungkapnya.

Pengembangan bandara Haji Asan Sampit menurutnya akan dilakukan bertahap, tahap awal memperpanjang landasan pacu menjadi prioritas pembangunan tahap awal karena itu yang dibutuhkan untuk mempertahankan kelas bandara saat ini.

“Saat ini perpanjangan runway bandara menjadi prioritas pembangunan ditahap awal, kemudian dilanjutkan dari segi pengamanan wilayah bandara seluruhnya akan dipagar keliling,” jelas Halikin.

Ditambahkannya target penyelesaian pengembangan bandara sendiri direncanakan dua tahun akan selesai dengan sumber pembiayaan dibantu dari pemerintah pusat,” bupati juga sudah menjamin pengembangan bandara akan segera dilakukan,” Demikian Halikin.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: