DPRD KOTIM 

Dewan Minta Target PAD Jangan Sampai Melenceng Lagi

Ketua Komisi II DPRD Kotim,Rudianur.(Setwan)
Sampit, – Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur, menilai Pemda saat ini harus lebih serius dalam menangani dan mengelola sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga PAD ada peningkatan yang lebih baik.
Menurutnya, peningkatan sumber PAD ini akan menjadi perhatian serius bagi anggota DPRD yang berada di Komisi II terutama pada galian C, juga memiliki potensi yang sangat besar dan belum dikelola secara baik, sehingga SKPD terkait harus bekerja secara maksimal.
“Pengelolaan sumber PAD maksimal, maka PAD Kabupaten Kotawaringin Timur akan lebih banyak peningkatannya dari tahun ke tahun,” ungkapnya Minggu (10/9).
Pada pidato, bupati ditargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kotawaringin Timur, sebesar Rp1.599.187.522.475,- namun pada akhirnya daerah ini hanya mampu meraih PAD sebesar Rp. 1.543.361.823.013,- nilai PAD itu masih jauh dari target yang sudah ditentukan
Politisi Golkar ini memaklumi terjadinya penurunan target PAD itu disebabkan oleh adanya kebijakan gubernur kalteng yang mengintruksikan pemerintah daerah untuk tidak lagi memungut sumbangan pihak ketiga, atau perusahaan besar swasta serta ada beberapa peraturan daerah terkait retrebusi dan pajak daerah yang masih belum selesai proses revisi dan pengesahannya.
“Kendati demikian SOPD harus tetal bekerja secara optimal, karena setiap tahunnya PAD kita sudah sangat kurang dan lepas dari target. Selain itu Sumber Daya Alam (SDA) kita perlu di gali, seperti penambangan emas illegal, atau galian C yang harus segera diambil kebijakan, karena ini menyangkut pendapatan kita,” ujar dia.
Ditambahkannya, untuk meningkatkan PAD sebenarnya ada banyak jalan tidak mest dari sumber daya alam (SDA) yang dimiliki daerah ini, dari sektor perpakirkan misalnya yang masih belum terkelola dengan baik juga menjadi penyebab pendapatan daerah tidak terpenuhi sesuai target.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: