DPRD KOTIM 

Legislator Minta Disdukcapil Berikan Layanan Maksimal

Ilustrasi Rekam E-KTP (net)

Sampit,– Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Sutik meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memberikan layanan secara maksimal terhadap masyarakat yang mengurus data kependudukan.

“Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018 tentunya akan banyak warga yang mengurus data kependudukan, seperti akta kelahiran sebagai syarat masuk sekolah, keperluan masyarakat tersebut hendaknya diberikan layanan dengan baik dan cepat,” katanya  di Sampit.

Sutik juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mengurus data kependudukan melalui calo, untuk menghindari biaya besar dan kemungkinan terjadinya kesalahan ketik nama dan alamat atau data lainnya.

Dengan megurus data kependudukan sendiri diaharapkan dapat memperkecil kesalahan, selain itu juga untuk memutus mata rantai calo“Pada intinya kemudahan, kecepatan dan kenyamanan pelayanan setiap pengurusan data kependudukan diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk mengurus sendiri semua data kependudukan, baik itu Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), bahkan surat kematian keluarganya sekalipun,” katanya.

Lebih lanjut Sutik mengatakan, selama ini masarakay menggunakan jasa calo karena beranggapan terlalu sulit dan berbelitnya mengurus data kependudukan.

“Saya berharap anggapan masyarakat mengurus data kependudukan itu sulit bisa dihapus, yakni dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotawaringin Timur, Kasiyan, baru-baru ini mengatakan pengurusan akta kelahiran memasuk tahun ajaran baru mengalami peningkatan, bahkan dalam satu hari kerja bisa mencapai 80 berkas yang diajukan.

“Pengajuan akta kelahiran meningkat, kalau biasanya sekitar 60 berkas, saat ini mencapai 80 berkas per hari yang masuk,” terangnya.
Disdukcapil Kotawaringin Timur berupaya memberikan pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat, meski kekurangan tenaga kerja.

“Dari 80 berkas yang diajukan tersebut, paling lama akan selesai dalam kurun waktu lima hari. Jika hanya satu berkas sebenarnya beberapa menit selesai, tetapi karena jumlahnya banyak maka butuh waktu agak lama,” jelasnya.

Pembuatan akta kelahiran dengan data yang lengkap, dipastikan prosesnya tidak akan lama, dan akan selesai dalam waktu tiga hari.(ant)

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: