DPRD KOTIM 

Demi Rasa Keadilan Dewan Minta Polisi Tertibkan Galian C di PKS

Foto- Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli.(Setwan)

Sampit,-Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli meminta kepada aparat penegak hukum agar juga menertibkan tambang galian C yang beraktifitas di perkebunan kelapa sawit, ini guna memberikan rasa keadilan bagi pengusaha tambang galian c yang di Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Sejak di tutup galian c ini semua pengusaha tidak beraktifitas lagi, sementara galian c yang di areal perkebunan sawit dengan leluasa bebas mengeruk lahan untuk menimbun jalan dikebun mereka, ini tentu tidak ada rasa keadilan bagi masyarakat,”ungkap Jhon Krisli akhir pekan kemarin.

Dilanjutkannya, untuk rasa keadilan sebaiknya jangan tebang pilih semua galian c yang tidak berijin itu semuanya harus ditertibkan khsusunya di perkebunan kelapa sawit.

Dia menjelaskan dampak negatif pasca ditutupnya galian c ini cukup berpengaruh besar terhadap ekonomi masyakat,mulai dari harga pasair yang sudah tidak terkendali hingga sejumlah masyakat pun terpaksa kehilangan lapangan pekerjaan.

“Para supir truck yang biasa mengangkut pasir itu saat ini tidak bisa bekerja lagi sementara yang di perkebunan kelapa sawit mereka bebas beraktifitas dalam hal ini saya tidak ingin menyebutkan perusahaan sawit mana saja yang mempunyai tambang galian c, namun bisa dicek hampir semua PBS dikotim itu mengeruk pasir ataupun  tanah uruk untuk menimbun jalan mereka dikebun dan itu sama sekali lepas dari pengawasan kita semua,”tandas Jhon.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Peruangan (PDIP) ini juga mengatakan, multiplayer efek dari kebijak gubernur ini sangat berpengaruh terhadap pembangunan disemua daerah, selain itu untuk mengurus ijin tambang galian c ini tidak lah mudah dan memalui proses panjang karena saat ini rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) kalimantan tengah juga belum ada kejelesanan.

“Untuk mengurus ijin wilayah pertambangan rakayat saja jika lahannya berada dikawasan areal peruntukan lainnya (APL) maka akan memakan waktu lama apalagi jika lahannya berada dikwasan hutan produksi (Hp) maka akan sulit sehingga memang perlu ada nya kejesan terkait dengan RTRWP Kalteng terlebih dahulu,”Jelasnya.

Namun karena semuanya sudah terlanjut ditertibkan sebaiknya semua galian c tanpa terkecuali diseruh perkebunan kelapa sawit juga harus di stop total supaya semua adil.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: