PEMKAB KOTIM 

Sampit Expo Harus Dioptimalkan Promosikan Usaha Kecil

Ketua DPRD Kotim, Saat Berkunjung Ke Sampit Expo di Stan PWI Kotim

Sampit – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kembali menggelar Sampit Expo dengan tujuan utamanya adalah membantu mempromosikan usaha mikro, kecil dan menengah supaya lebih berkembang.
Sampit Expo 2017 dibuka Bupati H Supian Hadi pada Sabtu (22/4/2017) sore. Kegiatan yang dipusatkan di Stadion 29 November Sampit itu dilaksanakan selama sepeka.

“Saya tidak bangga kalau event tahunan ini hanya diramaikan oleh stan milik satuan organisasi perangkat daerah. Saya berharap, setiap tahunnya peserta dari kalangan UMKM terus meningkat. Banyaknya UMKM yang menjadi peserta expo, bisa menjadi gambaran sejauh mana keberhasilan masing-masing instansi dalam membina pelaku usaha kecil,” kata Supian

Menurut Supian, Sampit Expo memang sengaja rutin digelar. Selain sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit Expo menjadi salah satu upaya pemerintah daerah mempromosikan produk usaha mikro, kecil dan menengah.

Setiap kecamatan dan satuan organisasi perangkat daerah lainnya juga menampilkan hasil karya pelaku usaha kecil di daerah mereka atau binaan mereka. Tujuannya agar produknya makin dikenal dan diminati sehingga permintaan barang meningkat dan berimbas pada meningkatnya pula pendapatan masyarakat.

Event ini juga untuk mempertemukan pelaku usaha kecil dengan pembeli, bahkan investor besar. Melalui kegiatan ini, bukan hal mustahil akan terjalin kerjasama yang saling menguntungkan dan terus berkembang.

“Pelaku UMKM luar daerah juga ada yang kami undang. Ini perlu dimaknai sebagai upaya kita mencari pembanding dan bertukar ilmu serta keterampilan sehingga berimbas pada kualitas pelaku UMKM di Kotawaringin Timur,” kata Supian.

Supian bersama Wakil Bupati HM Taufiq Mukri, Ketua DPRD Kotim Jhon Krisli dan pejabat lainnya menyempatkan berkeliling memantau stan-stan yang ada. Mereka berbaur dengan pengujung yang sejak siang sudah memadati arena Sampit Expo 2017.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kotawaringin Timur Mudjiono menyebutkan, Sampit Expo 2017 diikuti 45 satuan organisasi perangkat daerah, termasuk kecamatan, ditambah 20 pelaku UMKM dari berbagai kota, perbankan, 20 pengusaha otomotif dan lainnya.

“Peserta dari UMKM memang tidak sebanyak yang kami targetkan karena saat ini mereka banyak yang mengikuti kegiatan serupa di Palangka Raya. Awalnya Sampit Expo akan digabung dengan Kalteng Expo dilaksanakan di Sampit, tapi karena kita juga menjadi tuan rumah pertemuan Harley Davidson internasional, akhirnya Sampit Expo kita majukan,” kata Mudjiono.

Untuk lebih meramaikan suasana, Sampit Expo juga dibarengi Festival Tari Kreasi Daerah Kalimantan Tengah. Dua kegiatan ini diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: