DPRD KOTIM 

Pendidikan Di Kotawaringin Timur Perlu Pembenahan

Sampit, – Sekretaris Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Hero Harapano Manddauw menilai pendidikan di daerah itu perlu dilakukan pembenahan.

“Pendidikan di Kotawaringin Timur saya lihat belum merata dan masih terfokus di wilayah perkotaan, sementara pendidikan di pedalaman porsinya masih kecil,” katanya di Sampit, Rabu (19/4).

Hero mengungkapkan, akibat belum meratanya pelayanan pendidikan tersebut sekolah di wilayah luar kota atau pedesaan kekurangan fasilitas, seperti terbatasnya jumlah ruang kelas.

Ruang kelas dengan jumlah murid tidak seimbang, yakni lebih banyak siswa dibanding ruang kelas, akibatnya pihak sekolah membuat kebijakan sebagian siswa masuk sekolah siang hari.

Menurut Hero, ruang kelas di beberapa sekolah dipergunakan secara bergantian untuk menyiasati keterbatasan ruang kelas.

Masalah ini tidak boleh dianggap remeh karena secara psikologis, jam belajar anak semestinya dimulai pada pagi hari karena daya serap anak terhadap pelajaran akan lebih efektif lebih efektif pada pagi hari.

Selain itu jam siang hari dimanfaatkan anak untuk istirahat, kegiatan belajar tambahan, ekstrakurikuler ataupun untuk bermain, bersosialisasi sesama mereka.

“Permasalahan sekolah kekurangan ruang kelas kami temukan saat kami melakukan monitoring dan mengecek pelaksanaan program pembangunan tahun anggaran 2016 ke wilayah selatan Kotawaringin Timur,” katanya.

Dengan masih adanya kekurangan dalam pelaksanaan program pembangunan itu, terutama di sektor pendidikan, kedepannya diharapkan pemerintah daerah melalui dinas teknis dan instansi terkait bisa melakukan pembenahan.

“Saya harap pemerintah Kotawaringin Timur tidak membedakan antara sekolah di perkotaan dan pedesaan atau pedalaman, sebab setiap masyarakat memilik hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak dari pemerintah,” ucapnya.

Kekurangan ruang kelas harus masuk dalam program prioritas kedepannya, sebab jika tidak dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pendidik, terutama sekolah di luar kota atau pedalaman.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: