DPRD KOTIM 

Legislator Minta Kinerja DLH Dievaluasi  

Sampit,– Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rimbun meminta pemerintah daerah itu untuk mengevaluasi kinerja Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Pantauan kami sebagai mitra kerja, DLH kurang memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kotawaringin Timur. Untuk itu, Supian Hadi sebagai bupati perlu mengevaluasi kinerja SOPD tersebut,” katanya di Sampit, Senin (17/4)

Rimbun mengaku belum puas dengan kinerja DLH Kotawaringin Timur, sebab banyak permasalahan lingkungan di daerah yang tidak tertangani dengan baik.

Kondisi itu tentunya sebagai bukti jika DLH belum melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara baik dan benar.

Menurut Rimbun, DLH Kotawaringin Timur selama ini hanya menunggu dalam menyelesaikan sebuah permasalahan, dan belum ada inisiatif.

Salah satu contoh belum maksimalnya penanganan masalah pencemaran lingkungan yang terjadi akibat bocor atau meluapnya penampungan limbah pabrik pengolahan minyak mentah kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO).

“Selama ini DLH hanya menunggu adanya laporan masyarakat, dan belum berinisiatif menangani masalah. Akibatnya meski banyak kasus pencemaran lingkungan belum ada satupun yang dapat diselesaikan atau diungkap,” katanya.

Lebih lanjut Rimbun mengatakan, tugas dan fungsi DLH tidak hanya sebatas membagikan sapu dan tong sampah untuk menyukseskan daerah meraih piala Adipura, namun masih banyak tugas lainnya seperti melakukan pengawasan secara rutin pengoperasian pebrik pengolahan CPO di setiap perusahaan sawit agar tidak melakukan pencemaran lingkungan sekitar.

“Saya berharap DLH bisa bertindak lebih tegas dalam menangani permasalahan terutama masalah pencemaran lingkungan,” ucapnya.

Dengan adanya ketegasan dari DLH diharapkan kasus pencemaran lingkungan dapat lebih ditekan dan berkurang.

“Kita ingin pelaku pencemaran lingkungan tidak hanya diberi peringatan saja, namun juga harus sampai pada pemberian sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan,” demikian Rimbun

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: