DPRD KOTIM 

Legislator Dukung Penertiban Tambang Galian C

foto : net

Sampit, – Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rudianur mendukung aparat kepolisian melakukan penertiban tambang galin C yang ada di daerah itu.

“Harapan kita dengan adanya penertiban itu para pengusaha tambang galian C bisa taat pada aturan dan ketentuan yang berlaku, taerutama dalam perizinan,” katanya di Sampit, Rabu (12/4).

Rudianur mengungkapkan, berdasarkan informasi sebagain besar tambang galian C di Kotawaringin Timur tidak dilengkapi dengan perizinan yang semestinya.

Kondisi itu membuat daerah dirugikan karena pendapatan asli daerah dari sektor itu dipastikan tidak ada karena tidak adanya izin.

Menurut Rudianur, berdasarkan ketentuan pemungutan retrebusi baru bisa dilakukan jika tambang galian C tersebut memiliki izin. Namun jika tidak maka keuntungan sepenuhnya untuk pemilik atau pengelola tambang.

“Permasalahan ini sudah diupayakan ditangani oleh pemerintah daerah melalui rapat koordinasi lintas dinas teknis, instansi dan lembaga terkait,” katanya.

Lebih lanjut Rudianur mengatakan, rapat koordinasi dilakukan untuk mencarikan solusi terbaik agar tidak ada pihak yang dirugikan.

“Kita ingin pengusaha galian C kedepannya bisa beroperasi kembali, daerah mendapat pemasukan dari sektor itu. Pada intinya tidak ada pihak yang dirugikan, dan pembangunan tetap jalan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur  Handoyo J.Wibowo meminta kepada seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) bisa lebih jeli dalam mengelola dan menggali sumber PAD.

“Jika ada tambang galian C beroperasi secara ilegal, hal itu akibat SOPD yang lemah dalam mengelola sumber PAD. Dinas teknis tidak peka dengan peluang PAD,” demikian Handoyo.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: