DPRD KOTIM 

APBD Kotim Tidak Untuk Gaji Guru Honor

Sampit,– Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Jhon Krisli menyatakan APBD 2017 tidak mengakomodir gaji guru honorer yang mengajar di tingkat SMA sederajat.

“Pemerintah kabupaten tidak lagi memiliki wewenang menganggarkan gaji, terutama untuk guru honorer atau kontrak, sebab terhitung sejak 10 Oktober 2016 lalu pengelolaannya telah diambil alih oleh pemerintah provinsi,” katanya di Sampit, Rabu (5/4).

Jhon mengungkapkan, jika dalam pelaksanaannya pemerintah daerah tetap memberikan gaji terhadap guru honorer, maka bisa dipastikan hal itu melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku.

Dianggap melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku karena sejak awal pembahasan hingga pengesahan APBD 2017 Kotawaringin Timur tidak ada menganggarkan untuk gaji guru honorer SMA sederajat.

Menurut Jhon, gaji guru honorer SMA sederajak sepenuhnya menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi sejak 1 Januari 2017.

Jika pemerintah Kotawaringin Timur tetap menggaji guru honorer SMA sederajat menggunakan APBD 2017, maka bisa dipastikan melanggar aturan dan hal itu bisa menjadi temuan pihak BPK.

“Mengenai bagaimana honor mereka sudah jelas tidak ada dianggaran di APBD 2017 Kotawaringin Timur dan informasinya di provinsi juga tidak dianggarkan,” katanya.

Leih lanjut Jhon mengatakan, sebelum pembahasan APBD Kotawaringin Timur tahun anggaran 2017, pemerintah daerah sudah menawarkan agar guru honor SMA itu pindah mengjar ke SMP atau SD. Hal itu agar DPRD Kotawaringin Timur bisa menganggarkan untuk penggajihannya, mengingat  guru SMP sederajat di daerah itu masih kurang.

“Tawaran yang kita berikan waktu itu kurang direspon oleh mereka. Dan sebagian besar guru honor itu lebih memilih untuk bertahan mengajar di SMA sederajat,” terangnya.

Jhon mengaku saat ini dirinya belum memiliki solusi untuk membantu nasib guru honor tersebut kedepan.

“Mudahan saja pemerintah provinsi Kalteng nantinya bisa memberikan hak para guru honor itu, sehingga mereka tetap mengajar,” tukas Jhon Krisli.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: