DPRD KOTIM 

Legislator Minta Pemda Lakukan Pemerataan Infrastruktur Sekolah

Sampit,2/3 – Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Sutik, meminta pemerintah daerah itu untuk melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur pendidikan.

“Kami berharap Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur menginventarisasi sekolah yang rusak berat, sedang dan rusak ringan. Sehingga bisa langsung mengambil langkah perbaikan, agar kualitas pendidikan di daerah bisa merata.”

Pemerataan nfrastruktur sekolah sangat perlu, guna meningkatkan kualitas pendidikan semua sekolah yanga ada di Kotawaringin Timur.

Sutik mengungkapkan, selama ini pemerintah hanya berjanji meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, kenyataannya di lapangan, masih banyak sarana pendidikan yang kurang memadai. Bahkan masih banyak sekolah, terutama di pedalaman yang kekurangan tenaga pengajar.

Selain itu, kondisi infrastruktur pendidikan yang ada di daerah-daerah terpencil masih banyak yang sangat memprihatinkan.

“Pemerintah sering memberikan bantuan yang tidak sesuai dengan yang diperlukan daerah. Ini yang harus dievaluasi agar setiap program bidang pendidikan bisa dilakukan sinkronisasi,” katanya.

Lebih lanjut Sutik mengatakan, pemkab setempat melalui dinas pendidikan mengupayakan infrastruktur pendidikan agar bisa dirasakan semua sekolah. Namun, jika hanya mengandalkan APBD, jelas akan sulit mempercepat pemerataan pendidikan.

“Dibutuhkan bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat, serta perhatian dari swasta seperti perusahaan sawit dalam membantu perkembangan pendidikan di Kotawaringin Timur,” ungkapnya.

Sutik juga berharap, pemerintah memperhatikan kekurangan tenaga pengajar di Kotawaringin Timur.

Keberadaan tenaga pendidik juga menjadi penentu keberhasilan pendidikan. Untuk itu kualitas guru juga harus benar-benar diperhatikan.

Rekrutmen aparatur sipil negara juga harus lebih membuka peluang yang besar bagi tenaga pendidikan yang bersedia bertugas daerah-daerah terpencil.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: