DPRD KOTIM 

Legislator Minta Pemda Perhatikan Siswa Berprestasi

Sampit,16/3 – Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Rimbun meminta pemerintah daerah itu untuk lebih memperhatikan siswa berprestasi di bidang olahraga, ilmu pengetahuan, maupun seni dan budaya.

“Dengan adanya perhatian dan penghargaan dari pemerintah diharapkan dapat memacu semangat para pelajar maupun siswa di daerah untuk meningkatkan prestasinya,” katanya kepada wartawan di Sampit, Kamis.

Rimbun mengungkapkan, penghargaan terhadap siswa berprestasi hendaknya tidak hanya berupa piagam, namun bisa dalam bentuk beasiswa pendidikan.

Beasiswa pendidikan bisa lebih bermanfaat bagi siswa berprestasi dibandingkan penghargaan dalam bentuk barang atau uang.

“Kita ingin mereka para siswa berprestasi benar-benar mendapatkan perhatian secara khusus dari pemerintah daerah karena berkat perjuangan mereka nama daerah ikut menjadi baik,” katanya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, belum lama ini menyeleksi pelajar berprestasi dalam bidang olahraga, ilmu pengetahuan, seni dan budaya melalui olimpiade dan lomba.

“Kotawaringin Timur cukup terkenal dan menjadi barometer prestasi pendidikan dan olahraga di Kalimantan Tengah. Ini harus kita pertahankan dan tingkatkan agar pelajar-pelajar kita terus berprestasi hingga ke tingkat nasional,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suparmadi di Sampit.

Penjaringan pelajar berprestasi dilakukan melalui Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang dilaksanakan sejak Senin (13/3). Seluruh kecamatan mengirimkan pelajar-pelajar terbaik mereka untuk bersaing dalam event tahunan itu.

Suparmadi berpesan agar seleksi dilakukan dengan sportif supaya menghasilkan prestasi yang terbaik. Siapapun dan dari sekolah manapun memiliki mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi yang terbaik.

Seleksi untuk tingkat Sekolah Dasar dipusatkan di gedung tennis indoor Stadion 29 November Sampit. Sebanyak 259 peserta yang merupakan perwakilan dari 17 kecamatan bersaing menjadi yang terbaik. Terdiri dari 206 peserta O2SN dan 53 peserta FLS2N.

Cabang yang diperlombakan dalam O2SN adalah olahraga atletik, renang, bulutangkis, pencak silat dan karate. Sedangkan FL2SN memperlombakan menyanyi solo, menari, pidato dan baca puisi.

Suparmadi yakin pelajar Kotawaringin Timur memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pendidikan, olahraga, seni dan budaya. Untuk itulah mereka harus dibina dengan baik dan benar sehingga mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional dan internasional.

 

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: