DPRD KOTIM 

Komisi II DPRD Kotim : “Harus Ada Solusi Dari Pemerintah Untuk Anjloknya Harga Karet”

Sampit, – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Hj. Darmawati mengaku prihatin dengan anjloknya harga karet di daerah ini, karena berdampak sangat besar terhadap para petani yang selama ini menggantungkan hidup pada komoditas tersebut.

“Karena itu kami meminta pemerintah daerah dapat membantu para petani untuk mengatasi situasi sulit seperti ini. Selain harganya anjlok, petani karet juga kesulitan karena tidak ada pembeli, ini harus diberikan solusi,” ujarnya saat di bincangi  kaltengtoday.com diruang kerjanya, Senin (8/6/2020).

Para Patani karet di Kotim lanjut Darmawati, saat ini banyak  yang sudah mengeluh terkait anjloknya harga karet, yang harganya saat ini sudah menurun diangka Rp.4.500/kg. Padahal harga sebelumnya Rp.10.000/kg.

Darmawati menjelaskan sejak dari dulu para petani di daerah ini berupaya hidup mandiri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, termasuk karet. Kemandirian petani sangat membantu pemerintah dalam hal pengentasan pengangguran dan kemiskinan, mereka juga berupaya bisa beraktivitas dengan mengandalkan kemampuan sendiri karena tidak ingin membebani pemerintah.

“Walaupun dengan kemampuan terbatas, para petani karet tetap beraktivitas agar bisa mendapatkan penghasilan untuk membiayai keperluan hidup keluarganya, dengan anjloknya harga karet, para petani mulai kesulitan dan sangat membutuhkan bantuan agar harga kembali stabil,” jelas Darmawati.

Politisi Partai Golkar mendorong pemerintah daerah untuk mencarikan solusi terkait masalah ini, karena anjloknya harga karet saat ini membuat warga tidak melakukan pemanenan, sehingga disimpan terlebih dahulu dan akan dijual ketika harga karet kembali normal.

“Kami juga meminta keluhan para petani karet itu disikapi secara serius oleh Pemerintah daerah, dan diharapkan bisa memberi solusi agar harga karet tidak terpuruk seperti sekarang. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan,” Pungkasnya.

sumber : kaltengtoday.com

BERITA TERKAIT