DPRD KOTIM 

Petugas Kesehatan Diminta Sigap Saat Karhutla

Sampit, – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur H. Haris Salamad meminta kepada seluruh petugas kesehatan yang ada di wilayah setempat, lebih sigap dan siaga dalam memberikan pelayanan saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Terlebih warga yang terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) maupun penyakit lainnya akibat kabut asap yang berkemungkinan akan terjadi,” kata Haris yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Kotim, Sabtu (6/6/2020) di Sampit.

Sejumlah daerah yang ada di Kotim berpotensi besar terpapar kabut asap yang disebabkan karhutla, jika sebagian warga terkena ISPA maupun penyakit lain. Untuk itu, para petugas kesehatan yang ada di puskesmas maupun rumah sakit harus selalu siap siaga.

Haris juga menjelaskan, banyak dampak negatif yang diterima daerah maupun masyarakat selain pada sektor kesehatan. Yakni pada sektor pendidikan, perekonomian serta tentunya lingkungan.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mengatakan saat ini ada dua bencana kesehatan yang mengancam, selain Covid-19 juga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sebab itu dirinya menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada.

“Bersama-sama kita jaga lingkungan agar terhindar dari bencana kabut asap akibat karhutla sehingga alam tetap selalu terjaga kelestariannya,” jelasnya.

Tanpa adanya kesadaran dari semua pihak, tentu akan sulit mencegah maupun menanggulangi karhutla yang terjadi selama ini, baik di Kotim maupun di Kalteng. 

sumber : kaltengtoday.com

BERITA TERKAIT