PEMKAB KOTIM 

DPRD dan Pemkab Kotim Sepakati Relokasikan Anggaran Untuk Penanganan Covid-19

Sampit – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur, sahkan realokasi anggaran sebesar Rp 60 M untuk penanganan COVID-19. Pengesahan realokasi anggaran itu berdasarkan kesepakatan dalam sidang paripurna telekonfren di Aula Kantor Diskominfo Kotim, Rabu (15/4/2020).

Bupati Kotim, Supian Hadi menyebutkan, anggaran tersebut disahkan sesuai struktur pengajuan yang disampaikan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kepada DPRD Kotim.

“Saya atas nama pemkab kotim mengucapkan terima masih atas kerja sama jajaran DPRD dalam pengesahan anggaran ini,” ucap Supian Hadi.

Supian Hadi mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk penanganan pada multi sektor yang terdampak pada wabah COVID-19 seperti sektor kesehatan, pendidikan, sosial dan ekonomi.

“Khusus program bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak akan diberikan, serta beberapa kelompok masyarakat seperti pekerja informal yang tidak masuk dalam data rencana program sosial penyediaan jaring pengamanan sosia,” kata Supian Hadi.

Ia menjelaskan, relokasi anggaran untuk penanganan covid-19 itu sendiri bersumber dari sejumlah pos anggaran yang telah disepakati bersama antara eksekutif dan legislatif.

Adapun diantaranya relokasi anggaran tersebut bersumber dari pos anggaran, pengurangan biaya perjalanan dinas sebesar 50%, pengurangan biaya makan dan minum sebesar 50%, penggeseran anggaran seremonial disejumlah SOPD,juga pengurangan dana pakaian atribut dinas untuk ASN.

Kemudian penggeseran dana alokasi khusus (DAK) non fisik kesehatan dan pemotongan tunjangan daerah selama tiga bulan penanganan covid-19 untuk eselon II,III,IV termasuk Bupati dan Wakil Bupati.

Sementara itu ditempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kotim, H.Rudianur mengajak masyarakat untuk aktif mengawal penyaluran anggaran penanganan COVID-19 itu, agar efektif dan tepat sasaran.

Anggaran Rp 60 miliar itu, kata Rudianur, dirincikan untuk gugus tugas penanganan covid-19 yang dimana di dalam nya sudah terhimpun seluruh SOPD terkait untuk penanganan corona seperti Dinas Kesehatan, rumah sakit, pendidikan, dinas sosial dan BPBD.

Disebutkannya, ada banyak masyarakat di Kotawaringin Timur saat ini yang terdampak secara ekonomi akibat wabah covid-19. Untuk itu, DPRD meminta pemerintah daerah memberikan bantuan langsung kepada masyarakat berupa sembako.

sumber : kaltengtoday.com

BERITA TERKAIT