DPRD KOTIM 

Wakil Ketua DPRD Ingatkan Bahayanya “Lockdown” Untuk Keamanan Daerah

Sampit. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Rudianur mengingatkan bahaya kepada Pemerintah Daerah apabila memberlakukan status “Lockdown” lokal dalam menangani Pandemi Virus Corona untuk keamanan situasi dan kondisi daerah sebab itu ia meminta sektor pengamanan harus segera dipersiapkan sedini mungkin.

“Sebaiknya kesiapan pengamanan dipersiapkan sejak dini, karena sangat berbahaya sekali apabila pemerintah daerah sewaktu-waktu memberlakukan status lockdown, meski hanya tingkat lokal atau daerah tapi tetap saja berbahaya untuk situasi dan kondisi terutama keamanan sosial,” kata Rudianur, Kamis (2/4/2020) kepada kaltengtoday.com di Sampit.

Dijelaskannnya, kesiapan menghadapi skenario terburuk dalam menghadapi covid-19 ini memang pemerintah daerah harus benar-benar extra berfikir matang dan mengkaji semua kemungkinan yang terjadi apabila kebijakan lockdown lokal dilakukan, terutama dalam stok kebutuhan bahan pangan bagi masyarakat.

“Karena itu hal utama yang terpenting harus dipenuhi pemerintah jangan sampai akibat lockdown justru menimbulkan kepanikan masyarakat yang berhujung terjadi perbuatan anarkis dan melanggar hukum, seperti yang sudah terjadi di negara-negara yang mencoba memberlakukan kebijakan Lockdown itu” jelas Rudianur.

Sebab itu ia mendorong dan meminta khusus kepada aparat keamanan TNI dan Polri untuk terus mempersiapkan personel keamanan guna menjaga stabilitas kondisi di daerah untuk tetap kondusif aman dan terkendali.

“Apapun nanti yang akan terjadi kita semua harus sudah bersiap jangan sampai kita menghadapi situasi tanpa persiapan apa-apa yang jelas kita berjuang bersama sesuai dengan porsinya masing-masing untuk melawan penyebaran pandemi corona,  terutama dengan menjaga kondisi stabilitas keamanan daerah bersama,”Demikian Rudianur.

sumber : kaltengtoday.com

BERITA TERKAIT