DPRD KOTIM 

Darurat Corona, Sekolah libur, Expo di Tunda, THM di Kotim Tetap Buka Waduh !

Sampit,- Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19, maka seharusnya seluruh tempat hiburan yang ada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk sementara waktu ditutup.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua I DPRD Kotim, Muhammad Rudini, menurutnya langkah Pemkab Kotim dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona saat ini sudah sangat tepat memutuskan untuk meliburkan seluruh sekolah dan menunda pelaksaan event tahunan Sampit Expo.

“Tetapi keputusan itu akan sangat baik lagi apabila juga diberlakukan hal sama untuk tempat hiburan malam (THM) ditutup sementara waktu,” kata Rudini, Senin (16/3/2020) di Sampit.

Menurut Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kotawaringin Timur ini juga, tempat hiburan malam (THM) sama bahaya nya untuk penyebaran virus corona, terlebih lagi disana tidak tersedia alat khusus untuk mendeteksi suhu tubuh setiap pengunjung yang datang.

“Poin Ini yang seharusnya juga masuk dalam keputusan hasil rapat koordinasi Pemkab Kotim dan sejumlah Instansi terkait penanganan penyebaran Covid-19, tetapi sangat disayangkan pemerintah daerah sepertinya belum melihat jauh kearah sana,” ungkap Rudini.

Ditambahkannya, penyebaran virus mematikan tersebut harus dilawan bersama sebab itu ia mengajak kepada seluruh masyarakat kotim agar mulai saat ini mengurangi aktivitas tidak penting diluar rumah, jaga pola kesehatan dengan baik, istiraha teratur hindari tempat kumpul-kumpul yang tidak penting.

Sementara itu berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama sejumlah instansi terkait seperti otoritas bandara, pelabuhan, rumah sakit, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Ikatan Dokter Indonesia dan lainnya.

Pemkab kesimpulan rapat tersebut diantaranya, mengintruksikan kepada dinas pendidikan untuk mengeluarkan surat edaran kepada seluruh kepala sekolah agar meliburkan proses belajar mengajar diseluruh sekolah, kemudian menunda pelaksaan event tahunan Sampit Expo dan menetapka status siaga darurat terhadap penyebaran virus-19.

BERITA TERKAIT