DPRD KOTIM 

Dinas Peternakan Harus Fokus ke Program Swasembada Daging

Sampit,- Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Syahbana mendukung agar pemerintah daerah harus gencar melakukan pengadaan bibit sapi. Salah satunya untuk merangsang semangat para kelompok ternak untuk meningkatkan produksinya.

“Kami sangat mendukung rencana dari dinas utk melakukan peningkatan populasi sapi utk memenuhi kebutuhan daging sapi di dalam daerah. Selama ini kita masih menganalkan pasokan daging Sapi selalu dari luar,”kata Syahbana

Syahbana menilai hingga sejauh ini belum melihat apa yang menjadi kendala dari pengelolaan sapi dari peternak lokal. Sementara geografis alamnya masih serupa dengan daerah-daerah penghasil sapi lainnya.

“Kalau berbicara dukungan dari makanannya di Kotim Sapi ini saya kira tidak akan kelaparan. Banyak lahan masih kosong dan banyak juga yang bisa jadi pakan ternak itu, “tegasnya.

Bahkan, kata dia di Kotim juga sangat tepat dikembangkan program antara Sawit dan Sapi. Program ini sejatinya harus dilaksanakan secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal pula.

Syahbana menyebutkan program peternakan Sapi di daerah Kotawaringin Barat salah satu yang sukses.
Dia menghimbau agar Dinas Peternakan Kotim sesekali mengajak perwakilan peternak untuk melakukan study banding ke daerah-daerah yang suksespengembangannya.

“Harus dipersiapkan dulu SDM dari para peternak ini kemudian kita bantu bibit dari pemerintah dan nantinya akan dilakukan evaluasi sukses atau tidak. Sebab jika yang tidak sukses maka kedepannya harus diganti kepada kelompok lain yang menerima bantuan bibit atau sejenisnya dari pemerintah daerah,”ujarnya.

BERITA TERKAIT