DPRD KOTIM 

DPRD Minta Fungsikan Pustu Di Desa Pelangsian

Sampit,- Pemerintah Kabupaten Kotawaringi Timur telah membangun berbagai sarana prasarana kesehatan seperti puskesmas pembantu (pustu). Tujuannya adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tetapi sayangnya adanya pustu yang dibangun tetapi tidak dipungsikan, dan tidak adanya tenaga kesehatan yang ditempatkan didaerah itu, Hal ini disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Kotim H.Suprianto.

“Saat saya reses didaerah Desa Pelangsian Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, masyarakat didesa itu menyampaikan keluhannya, terkait adanya pustu yang saat ini tidak difungsikan lagi, hal ini sangat disayangkan sehingga para warga harus melakukan pemeriksaan kesehatan harus Kepuskesmas Kecamatan yang jaraknya sekitar 8 kilometer,” Sampinya saat dibincangi di ruang kerjanya Kamis (14/11).

Suprianto meminta pemerintah daerah melalui dinas kesehatan agar fungsi Puskesman Pembantu (Pustu) segera di optimalkan, hal itu guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mereka yang berada di desa tersebut yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan.

“Saya meminta dinas Kesehatan segera mengoprasikan kembali pustu yang selama sudah dipungsikan lagi, dan terkait adanya kekosongan personil tenaga medis di Pusktu itu bisa diatur jadwalnya dalam seminggu bisa beroperasi 3 hari, sehingga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat bisa optimal,” ujarnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengatakan kalau tidak ada tenaga kesehatan yang berstatus PNS untuk mengisi pustu tersebut, setidaknya bisa diisi dengan Tenaga Harian Lepas (THL). Agar supaya pelayanan kesehatan masyarakat di desa itu, sehingga mereka tidak lagi berobat ke puskesmas yang jauh dari ibu kota kecamatan.

“Kalau kondisi gedung Pustu tanpa ada kegiatan pelayanan, maka disisi lain masyarakat sangat membutuhkan pelayanan kesehatan, yang kasihan tentunya masyarakat, karena tidak mendapatkan akses pelayanan kesehatan, maka dari itu pemerintah daerah harus mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama didaerah pelosok,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT