DPRD KOTIM 

Sekda Kotim Diminta Jangan Rangkap Jabatan

Sampit,- Seketaris praksi partai amanat nasional (PAN) DPRD Kabupaten kotawaringin timur Hj Megawati mengingatkan kepada seketaris daerah (SEKDA) supaya lebih fokus menjalan tugas dan tanggung jawabnya sebagai sekda jangan sampai terlalu banyak merangkap jabatan.

Pasalnya selama ini sekda dinilai terlalu rakus sampai merangkap beberapa jabatan contohnya Asisten II Pemkab Kotim PJ Camat telawang juga saat ini sekda yang diambil alih.

Seharusnya sekda bisa saja menungaskan pejabat sementara yang bisa menjalan tugas dan fungsinya supaya roda pembangunan dan pemerintahan serta pelayanan pubik lebih maksimal.

”Saya heran kok seorang sekda bisa merangkap jabatan contohnya camat padahal masih banya pegawai yang berkopenten dan dianggap mampu untuk jabatan tersebut,” Ujar Megawati Senin (4/11/19) kepada awak media.

Menurut Megawati merangkap jabatan bagi seorang sekertaris daerah dinilai tidak pantas bahkan bisa memicu terjadi korupsi ,bahkan masalah rangkap jabatan harus dilihat dari undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

“Dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 yang dilarang adalah pelaksana pelayanan publik jika itu masih dilakukan tentunya pelayanan tidak bisa maksimal kepada masyarakat sehingga bisa menghambat jalan nya roda pemerintahan,”jelas Megawati.

Kemudian lanjut Megawati, dalam undang-undang tersebut juga menyebutkan atasan satuan kerja merupakan pimpinan satuan kerja penyelenggara,misalnya adalah pelaksana pelayanan publik yang dilarang merangkap jabatan,” tegasnya.

Dia juga menyarankan kepada seketris daerah supaya dalam waktu dekat ini secepatnya mengisi jabatan-jabatan yang kosong tersebut dengan ASN yng dinilai mampu menjalankan tugasnya, jangan diisi sendiri akhirnya pelayanan publik jdi kurang tepat dan masyarakat kebingungan.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment