PEMKAB KOTIM 

Ini Alasan Pemkab Kotim, Naikan Status Waspada Karhutla Menjadi Siaga Darurat

Sampit,- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menaikkan status waspada menjadi siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal itu dilakukan lantaran dari hasil rapat dan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, Kotim saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau.

“Dari hasil rapat bersama TNI, Polri, dan instansi terkait, kami sepakat sejak 3 Juli 2019, ditetapkan status siaga darurat karhutla,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim M Yusup, Kamis (4/7/2019).

Ia menyebutkan tercatat sejak bulan Juli 2019 hingga 4 Juni 2019 sebanyak 4,5 hektare lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) terbakar. Hal itu menjadi alasan dan perhatian pemerintah kabupaten menaikan status waspada menjadi siaga, selain itu karena saat ini sudah mulai memasuki musim kemarau.

“Pada Juni 2019, setidaknya ada 4,7 hektare lahan yang terbakar terjadi di enam tempat berbeda, sebab itulah juga yang pertimbangan kita meningkatkan status dalamwaspada menjadi siaga karhutla,” jelasnya.

Ditambahkannya, BPBD Kotim akan membangun posko terpadu karhutla. Sehingga nantinya tim akan setiap hari piket dan patroli untuk mengantisipasi terjadinya karhutla.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment