DPRD KOTIM 

DPRD Keluarkan 9 Poin Terkait Masalah Pasar Dikotim

Sampit,- Terkait sejumlah permasalahan pasar di Kabupaten Kotawaringin Timur yang masih banyak, tidak difungsikan sebagaimana mestinya dan tentang keluhan para pedagang PPM Sampit soal terjadinya praktek pungli dilapangan, DPRD Kotim akhirnya mengeluarkan 9 poin rekomendasi penyelesaian atas persoalan tersebut.

Belum lama ini DPRD Kotim telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama tiga instansi sekaligus yakni pihak Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Dinas Pasar, dan Dinas Perhubungan, guna membahas terkait masalah pungutan liar (Pungli) di Pusat perbelanjaan Sampit.

Setelah melalui proses panjang jalannya RPD digedung dewan belum lama ini. Akhirnya semua pihak yang hadir sepakat untuk mengelurkan 9 poin rekomedasi yang wajib untuk dilaksana oleh SOPD terkait. Sembilan poin rekomendasi tersebut diantaranya.

1.Mendesak pemerintah daerah agar secepatnya mempungsikan pasar pasar yang telah dibangun dikotawaringin timur.

2.Meminta kepada pemerintah daerah supaya memprioritaskan kepada para pedang hasil penertiban taman kota

3.Mendesak pemerintah daerah melalukan evaluasi terhadap beberapa pasar dikecamatan dan kota karena sampai saat ini belum difungsikan.Kemudian selanjutnya poin

4.Mendesak pemerintah daerah melakukan penertiban kepada okunum yang melakukan pungutan liar (pungli)kepada pedang ,

5.Pemerintah daerah harus melakukan invertarisasi berbagai kerusakan sarana dan prasana pasar eks mentaya untuk perbaikan.

6.Mendesak pemerintah daerah agar mengevaluasi calon pedang yang akan menduduki kios yang berada di pasar Eks mentaya sesuai dengan kesedian Los.

7.Mendesak pemeritah untk melakukan tindak tegas secara hukum kepada oknum pegawai yang diduga melakukan pungli maupun pembagian los yang tidak sesuai dengan peruntukannya

8.Pemerintah daerah harus mengkaji kembali peraturan daerah pembentukan dinas perdagangan perindustrian (perdagin )perjinan dan pengawasan pasar menjadi salah satu topoksi dinas perdagin .dan yang ke

9.Mendesak perintah daerah agara secepatnya mendindaklanjuti rekomedasi DPRD Kotim mulai rekom ini kdikeluarkan dan kemudian melaporkan hasilnya kembali ke DPRD Kotim.

“Seluruhnya ada sembilan poin saya harap pemerintah daerah bisa melaksanakan nya demi kemajuan daerah dan demi kepentingan masyarakat banyak,” kata Wakil Ketua I DPRD Kotim, H.Supriadi MT, Rabu (3/7/2019) di Sampit.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment