DPRD KOTIM 

DLH Diminta Pantau Pengelolaan Limbah Pabrik Kelapa Sawit

Sampit,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotawaringim Timur diminta untuk memantau atau melakukan pengawalan terhadap proses pengelolan limbah prabik industri yang dinilai bisa saja berdampak negatif bagi lingkungan termasuk ekosistem yang ada didaerah ini.

Hal ini diungkapkan oleh Sekertaris Komisi II DPRD Kotim Alexius Esliter, Kamis (4/7/2019). Menurut Alex selama ini masih sering terjadi kebocoran pipa bahkan meluapnya limbah prabrik dari penampungannya hingga meluber ke sungai dan juga merusak tumbuhan di sekitaran limbah tersebut meluber.

“Banyak kejadian seperti itu, namun memang sampai saat ini tidak ada yang menjurus sampai proses penegakan hukum untuk daerah kita di Kotim ini, untuk itu kita minta DLH harus bekerja maksimal mengungkap hal-hal seperti ini,” Ujarnya.

Alexius juga memaparkan selama ini DLH tidak benar-benar mempratikan apa yang sudah menjadi tanggungjawabnya kepada alam dan lingkungan yang bisa saja rusak secara spontan karena ulah oknum-oknum PBS di Kotim ini.

“Kita selalu bicara fakta, dan real dilapangan, bebearapa contohnya seperti kasus di Sebabi belum lama ini sempat ramai terkait pencemaean limbah, namun kita lihat hasilnya nihil,” Tutupnya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment