PEMKAB KOTIM 

PBS Harus Bersinergi Hadapi Karhutla

Sampit,- Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur H.M.Taufiq Mukri menghimbau kepada semua perusahan besar swasta yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit supaya bersinergi menghadapi kemungkinan tahun ini akan terjadinya kemarau panjang dan bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Ini adalah tanggung jawab bersama-sama dalam menghadapi musim kemarau, dan untuk PBS wajib menjaga kebun dan lahan-lahan kosong diwilyah nya supaya tidak terbakar,” kata Wabub Taufiq Mukri, Senin (1/7/2019) Disampit.

Dia juga mengatakan kepada semua kepala desa di kotim supaya meningkatkan koordinasi mulai dari tingkat desa kecamatan hingga kabupaten salah satunya pemerintah daerah melalui badan penanggulangan bencana daerah pun sudah melakukan persiapan guna mengahadapi karlhutla dengan membentuk Kelompok peduli api hingga ketingkat desa.

Selain itu lanjut Taufiq, masyarakat peduli api (MPA) jug diminta secara aktif turut dalam kegiatan patroli terpadu, bersama Manggala Agni KLHK, TNI, dan Polri. Dalam hal ini, MPA mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat setempat, sehingga selain mendukung pencegahan, MPA juga dapat memperkuat sosialisasi pencegahan karhutla kepada masyarakat.

“Kemarau musiman tahun 2019 ini jelas akan terjadi namun saya tidak tau entah berapa lama itu ahli nya (BMKG) yang bisa memperdiksinya namun pemkab tetap siap dan siaga guna menghadapi segala kemungkin yang akan terjadi nantinya,” pungkas Taufiq.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment