DPRD KOTIM 

Legislator Kotim Sarankan ASN Gunakan Pakaian Adat di Hari Tertentu

Sampit – Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Sarjono, meminta pemerintah daerah menggencarkan sosialisasi untuk memberdayakan kearifan lokal.

“Kita tidak mau kebudayaan daerah ini hilang begitu saja, karena nilai luhur yang begitu besar harus dipertahankan bersama,” kata Sarjono, Jumat, 17 Mei 2019.

Menurutnya kebudayaan sangat menggambarkan identitas masyarakat Kotawaringin Timur. Dan masyarakat harus berperan melestarikan kebudayaan daerah ini yang mulai terkikis dengan masuknya kebudayaan dari luar.

“Kebijakan seperti mewajibkan pegawai negeri mengenakan pakaian adat pada hari-hari tertentu, sebagai langkah positif. Kebijakan tersebut harus diterapkan dengan harapan bisa menggugah kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan lokal,” tegas Sarjono.

Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur ini juga berharap upaya pelestarian budaya dilakukan secara terprogram.

Salah satunya juga dengan mewajibkan seluruh sekolah melakukan kegiatan pemberdayaan seni daerah dalam  pendidikan sekolah.

Upaya pelestarian budaya dengan mengajarkan kepada siswa sejak dini dinilai akan efektif. Mengingat, para siswa inilah generasi penerus yang jadi penentu apakah bisa mempertahankan kebudayaan lokal atau malah melupakannya.

“Selain itu pemerintah daerah harus bergandengan tangan dengan masyarakat, khususnya pelaku seni dan budaya untuk melestarikan kebudayaan lokal,” pungkasnya.(BN)

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/126140-legislator-kotim-sarankan-asn-gunakan-pakaian-adat-di-hari-tertentu

BERITA TERKAIT

Leave a Comment