DPRD KOTIM 

DPRD Kotim Belajar Pengelolaan Koperasi di Sleman

Sampit – Rombongan Komisi II DPRD Kotawaringin Timur mengunjungi sejumlah tempat di Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta. Kunjungan itu untuk belajar soal koperasi, pertanian, dan peternakan.

Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Supriadi menjelaskan, mereka berkunjung ke Dinas Koperasi dan UKM, serta Dinas Pertanian dan Peternakan.

Di sana, Pemda Sleman mendorong UKM dengan berbagai inovasi UKM. Itu dilakukan melalui berbagai program, yakni melaksanakan pameran produk UKM, permodalan UKM yang sangat memadai, sebagai dukungan pemda kepada UKM.

“Selain itu juga pemerintah daerahnya membentuk koordinator kecamatan sebagai kendali baik pendanaan maupun evaluasi produk,” kata Supriadi, Senin, 14 Mei 2019.

Melalui kunjungan kerja itu, banyak hal yang bisa mereka gali di sana dan bisa diterapkan di Kotim.

Seperti Dinas Peternakan, pemda di sana membentuk kelompok ternak kelola bersama terpadu.  Selain itu, pemda juga menjadikan peternakan secara terpadu dan membuat produk turunannya untuk home industry.

Sehingga, ada kemajuan yang signifikan untuk peternak Kambing Etawa di sana. Selain itu tempat tersebut sering dikunjungi mahasiswa dan pelajar untuk belajar.

Salah satu rahasianya kata dia sehingga peternakan itu berkembang yakni dengan memanfaatkan program CSR BUMN. Program CSR menjadi  penggerak kegiatan peternakan tersebut.

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/125719-dprd-kotim-belajar-pengelolaan-koperasi-di-sleman

BERITA TERKAIT

Leave a Comment