DPRD KOTIM 

Apresiasi Kepala Desa Jalankan Visi Misi Pembangunan

Sampit – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Syahbana, mengapresiasi kepala desa yang memiliki semangat dalam menjalankan visi dan misi membangun desa. Ia menilai masyarakat tidak salah memilih  kepala desa yang demikian.

Ia menuturkan, DPRD sudah melihat beberapa kepala desa yang bisa dijadikan dalam melaksanakan pembangunan.

Untuk itu, ia berharap kepala desa harus punya inovasi dan terobosan, jangan hanya menunggu tanpa ada kemampuan untuk berinovasi membangun.

Politikus Partai Nasdem ini juga mengatakan bahwa kepala desa yang kurang inovatif terlihat dari kemampuan dalam menyerap dana desa. Ketika masih di bawah target maka perlu ada pendampingan dan pengarahan dari instansi teknis.

“Bisa dilihat dari kemampuan mengelola dana desa, ketika dana itu hanya digunakan seadanya bahkan cenderung tidak terserap, itu bisa dikatakan minim kreatif,“ kata Syahbana, Selasa, 14 Mei 2019.

Syahbana menyebutkan ada sejumlah kepala desa yang mulai membuka terobosan baru dengan memanfaatkan dana desa sebagai  dana yang produktif.

“Artinya dana itu dibelanjakan namun menghasilkan timbal balik yang bermanfaat bagi desa itu seperti pengelolaan melalui BUMDes,” tukasnya.

Undang-Undang Desa yang diperjelas melalui Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa menyebutkan, salah satu prioritas pemanfaatan dana desa adalah pendirian dan pengembangan BUMDes.

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/125865-apresiasi-kepala-desa-jalankan-visi-misi-pembangunan

BERITA TERKAIT

Leave a Comment