DPRD KOTIM 

Banyak Tumbang, Legislator Perempuan di DPRD Kotawaringin Timur Berkurang

Sampit – Pemilihan anggota legislatif 2019 ini nampaknya membuat jumlah keterwakilan perempuan di DPRD Kotawaringin Timur berkurang karena banyak yang tumbang.

Untuk periode 2019-2024 hanya menyisakan 7 perempuan dari total 40 anggota DPRD berasal dari kaum perempuan. Ini berbeda dari sebelumnya ada 8 orang.

Periode sebelumnya 8 perempuan itu yakni Ida Laila, Sinar Kamala, Salasiah, Darmawati, Rusmawati, Cici Desiliya, Debby Sartika, dan Rina Rahayu

Dari itu politisi PPP Salasiah, Ida Laila dan Rina Rahayu tumbang. Sementara Sinar Kamala dan Debby memilih bertarung di DPRD Provinsi Kalteng.

Sementara perwakilan perempuan  yang akan masuk kini yakni :

1. Cici Desiliya, PDIP Dapil V (ikumben)

2. Darmawati, Golkar Dapil III (inkumben)

3. Rusmawati, Gerindra Dapil III (inkumben)

4. Modika Latifah M, PDIP Dapil I (baru)

5. Rinie, PDIP Dapil II (baru)

6. Megawati, PAN Dapil IV (baru)

7. Linda, Demokrat Dapil III (baru)

Meski menurun jumlah perempuan di DPRD  Kotim di periode mendatang, Sinar Kamala optimistis bahwa aspirasi dan suara kalangan perempuan tetap konsisten disuarakan oleh wakil yang ada di lembaga itu.

Bahkan Sinar mengakui persoalan yang menyangkut perempuan dan anak di Kotim memang perlu jadi perhatian bersama. Terutama bagi mereka yang jadi korban kekerasan dan kejahatan seksual.

“Saya tekankan soal program rehabilitasi mental anak dan perempuan yang jadi korban tindak pidana kriminal agar jadi perhatian serius,” kata politikus Golkar yang kini terpilih di DPRD Provinsi ini.

Sinar berharap pemerintah daerah terus memprogramkan penanganan kepada korban kekerasan itu. Apalagi di Kotim sudah berdiri aktivis yang membidangi urusan anak dan perempuan.(BN)

Sumber : https://www.borneonews.co.id/berita/125313-banyak-tumbang-legislator-perempuan-di-dprd-kotawaringin-timur-berkurang

BERITA TERKAIT

Leave a Comment