DPRD KOTIM 

DPRD Apresiasi Raperda Penyertaan Modal Bank Kalteng

Sampit,- DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur mengapresiasi penyertaan modal yang dilakukan Pemkab Kotim kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Kallteng Tbk (Bank Kalteng). Penyertaan modal tersebut mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pendapatan lain-lain yang sah.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kotim, Supriadi MT saat penyampaian Raperda tentang Penyertaan Modal Pemkab Kotim kepada Bank Kalteng, yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin (25/3/2019).

“Kami sangat menyambut baik peningkatan penyertaan modal sebagai upaya meningkatkan PAD yang bermuara pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Supriadi saat memimpin rapat.

Namun ia mengingatkan dalam melakukan penyertaan modal, pemerintah daerah harus melihat APBD, dan berpedoman pada 3 poin, yakni meningkatkan kepemilikan saham, meningkatkan PAD, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebab itu, penyertaan modal tersebut jangan sekedar profit oriented, tapi implementasinya harus bermuara pada peningkatan layanan kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Kotim M Taufiq Mukri dalam rapat paripurna, Senin (25/3/2019, mengatkan bahwa penyertaan modal Pemkab Kotim pada Bank Kalteng perlu diatur dalam peraturan daerah.

Itu berdasarkan Pasal 71, Ayat 7, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Di mana, kata dia, Permendagri itu menyebutkan bahwa investasi jangka panjang pemerintah daerah dapat dianggap bila jumlah yang akan disertakan dalam tahun anggaran berkenaan telah ditetapkan dalam peraturan daerah tentang penyertaan modal. “Ini dilakukan dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan,” kata Taufiq.

Wakil Bupati berharap, raperda yang diajukan tersebut bisa segera dibahas oleh DPRD. Sehingga jadi payung hukum penyertaan modal.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment