DPRD KOTIM 

DPRD Siap Kawal Hasil Musrenbang Kabupaten

Sampit , – Musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) tingkat kabupaten/kota mulai berlangsung di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Pihak DPRD Kotim menyatakan siap mengawal kegiatan tersebut.

Wakil Komisi I DPRD Kotim, Awai F Matali mengungkapkan, kegiatan musrembang kabupaten sendiri merupakan tindak lanjut dari hasil musrembang tingkat desa dan kecamatan serta hasil reses dewan. Agar hasilnya tidak melenceng, pihaknya akan mengawal kegiatan tersebut agar tidak keluar program-program bersifat prioritas yang diusulkan dari hasil musrenbang kecamatan dan desa.

“Kegiatan sebut sebenarnya anak tujuan untuk mencocokkan pokir (pokok pikiran) DPRD yang dihasilkan dari kegiatan reses. Ini perlu dikawal agar saat proses penganggaran nanti, semua program sudah sesuai dengan yang diinginkan masyarakat,” jelas Awai, Selasa (19/3).

Lanjut Politisi PDIP ini, forum tersebut juga merupakan pembahasan usulan-usulan yang masuk, juga merupakan sarana dan fasilitas untuk melakukan koordinasi antara kecamatan dan SOPD yang bersangkutan, khususnya untuk melakukan sinkronisasi terhadap usulan kegiatan setiap kecamatan.

“Pada tahapan ini SOPD akan melakukan verifikasi terhadap usulan kecamatan sebelum dituangkan dalam daftar usulan kegiatan SOPD, program yang lolos nantinya akan dituangkan dalam Renja-SOPD,” tukasnya.

Disi lain, Awai juga berharap agar usulan masyarakat yang tidak terakomodir di tahun ini bisa direalisasikan pada kegiatan tahuan berikutnya. “Ini diakibatkan keterbatasan anggaran daerah, sehingga semua harua bertahap, jadi masyarakat juga harus bersabar,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment