DPRD KOTIM 

Kades Dituntut Ciptakan Peluang Kerja Bagi Warga Berikut Caranya

Sampit, – Demi meningkatkan kesejahteraan di masyarakat desa, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur ini Kepala Desa (Kades) diminta untuk menciptakan peluang kerja bagi warganya baik bekerjasama dengan investor maupun melalui program desanya masing-masing.

Dalam hal ini Ketua Komisi III DPRD Kotim Rimbun ST menjelaskan,dengan besarnya suntikan dana, baik alokasi dana desa (ADD) maupun dana desa (DD), yang angkanya cukup besar itu saja sudah bisa memberikan dampak positif terutama bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di pedesaan itu sendiri.

“Bukannya hanya 48 kades yang baru dilantik baru ini saja melainkan seluruh Kepala Desa kita yang sudah dilantik maupun yang sudah menjabat saat ini, semuanya bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desanya masing-masing,”Ujar Rimbun Rabu (6/3/2019).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kotim ini menilai pembangunan yang menggunakan anggaran desa bersifat swakelola, akan membuka lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi warga sekitar, sehingga jelas dampak positif secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Memaksimalkan serapan anggaran yang menggunakan keuangan desa, kades bisa membuka ruang lapangan pekerjaan kepada warganya seluas mungkin, karena banyak hal maupun pilihan-pilihan dari program yang sifatnya mendesak yang mana bisa mengandalkan tenaga kerja di pedesaan itu sendiri,”Timpalnya.

Bahkan dia mendorong agar pemerintahan desa bisa membina masyarakatnya agar bisa bekerja di perusahaan perkebunan atau pertambangan yang berinvestasi di wilayah sekitar.

“Jangan biarkan kita kalah dari orang asing, kita sebagai pemilik daerah ini harus bisa dan berani bersaing, kami mendukung apapun program desa yang sifatnya demi kepentingan masyarakat banyak, dan hal ini sudah sering kali kita ingatkan,”Tutupnya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment