DPRD KOTIM 

Legislor Ini Desak Pemerintah Cari solusi Stabilkan Harga TBS Dikotim

Sampit,- Anggota komisi I DPRD kabupaten Kotawaringin timur Ari Dewar ,mendesak kepada pemerintah pusat dan daerah terutama dinas perdagangan dan perindustrian Kotawaringin timur supaya secapat nya mencari solusi untuk para petani sawit sehingga harga jual tanda buah segar sawit (TBS) kembali stabil seperti sebelumnya .

“Kami sebagai wakil rakyat di Kalimantan tengah terutama Kotawaringin timur mendesak pemerintah supaya secapat nya mencari solusi guna menstabilkan harga buah sawit pemerintah jangan memberikan janji-janji kepada rakyat yang katanya pemerintah sudah berhasil melobil pihak eropi dan harga pun naik tapi pakta justru anjlok harga nya Kotim ini,” kata Ari Dewar yang juga dipercaya sebagai ketua Asosiasi Petani Sawit di Koim ini, selasa (11/12/2018).

Lebih lanjut Ari mengatakan sejauh ini harga buah. Sawit di tingkat petani dikotim hanya Rp 600.00/kg benar tidak sepadan dengan biaya perawatan akhirnya saat ini banyak kebun sawit yang tidak terawat lantaran tidak cukup biaya karena anjloknya buah .

“Selain harga anjlok pangsa pasar nya pun sulit kalau tidak kenal Baik Dangan perusaan yang menampung buah maka itu tidak di beli juga kalau pun di beli bisa saja dengan harga yang benar benar murah dan akhirnya banyak busuk di pohon “ungkap Ari Dewar ketua DPC Partai Gerindra Kotim ini.

Dia juga mengatakan peran penting Pemeritah daerah ketingkat pusat sangat penting dalam rangka menstabilkan harga buah sawit hasil dari pera petani ini namun sampai saat ini sangat di sayangkan belum ada upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah ketingkat pusat .

“yang kata nya naik ternyata itu belum sampai di tingkat petani di daerah apakah itu cuma isu isu atau janji manis dari pemerintah saja .”tutur Ari.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment