DPRD KOTIM 

Harga TBS Naik Diharapkan Tahan lama

Sampit,- Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Idalaila Berharap naiknya harga tanda buah segar(TBS) Kelapa sawit bisa bertahan lama dan harga pun bisa kembali distabilkan oleh pemerintah.

Sebelumnya harga sempat anjlok hingga Rp 600/kg namun kabar hari ini harga buah sawit sudah mengalami kenaikan hinggga mencapai RP 1.600/KG.

“Saya sangat berharap pemerintah bisa kembali mempertahankan bahkan kalau bisa lebih naik lagi karena ini adalah harapan rakyat kotawaringin timur yaitu para petani sawit.”ujar Idalaila politisi PPP kotim ini rabu 5/12/2018.

Dia menyakinin jika pemerintah tidak jeli melohat peluang pangsa pasar harga TBS yang belum seutuhnya membaik disebabkan oleh over supply TBS dan crude palm oil (CPO) di pasar internasional. Perbaikan harga pada September diharapkan terus konsisten seiring memasuki pengujung tahun dan ini hrus bisa dipertahankan atau kapan perlu harus naik lagi .”kata Ida Laila

lebih lanjut dia mengatakan “Harga tersebut harus sudah diatur dan harus menjadi harga standar bagi petani yang bermitra dengan perusahaan pemilik pabrik kelapa sawit di Kotim Khususnya kebun plasma dan dias perdangan dan perindustrian kotawaringin timur pun diminta proktif mengawasi perusahaan dikotim supaya mereka tidak menolak buah sawit petani yang dijual kepada mereka karena saat ini daerah memamang belum punya peruysahaan daerah dibidang kepala sawit yang bisa menampung hasil kebun masyarakat t6ersebut.

”PBS dihibau untuk menampung hasil kebun petabni dan membeli buah sawit mereka itu sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan dipasaran .”tuturnya.

BERITA TERKAIT

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: